Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Dilanda Angin Kencang, Begini Kondisi di Pasaman

Dibaca : 145

Pasaman, Prokabar — Angin kencang melanda Pasaman. Paling parah terjadi di Kecamatan Lubuk Sikaping dan sekitarnya. Berhamburan semua baliho yang ada di tepi jalan. Tidak sedikit pula atap seng yang diporak-porandakan angin. Seperti yang dialami Gedung Hall Badminton Andika, Sawah Panjang.

“Angin sangat kencang, jadi lepas beberapa seng hall. Jangankan seng, tonggak baliho berkaki coran saja, tumbang dibuatnya. Lihat itu, di persimpangan Sawah Panjang,” kata penjaga hall, Dika, Sabtu (22/2).

Menanggapi hal ini, Kepala BPBD Pasaman, Ricky Riswandi menghimbau warga untuk lebih waspada. Terutama yang beraktifitas di ladang perbukitan.

“Kami menghimbau masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. Lebih baik waspada dari pada nanti jatuh korban,” jelas Ricky.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, angin kencang disebabkan adanya pola arus udara subsidensi atau arus udara turun. Sehingga adanya perbedaan tekanan udara antara daerah di sekitar perbukitan dengan dataran rendah menciptakan sirkulasi lokal, semakin tinggi perbedaan tekanan antara dua daerah tersebut menciptakan angin bergerak semakin cepat.

“Pantauan kami, angin kencang sejak Jumat kemarin. Analisa kami kecepatan angin bisa mencapai 30 KM/jam dalam jangka waktu yang lama,” kata Kasi Observasi dan Informasi BMKG Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Yudha Nugraha.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk labih waspada. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top