Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Dikawal Ketat, Vaksin Sinovac Tiba di Tanah Datar

Dibaca : 643

Tanah Datar, Prokabar – Sebanyak 3.000 vial Vaksin Sinovac tiba di gudang farmasi Dinas Kesehatan Tanah Datar, Kamis (28/1). Kedatangan vaksin ini dikawal ketat sejumlah petugas Brigade Mobil (Brimob) bersenjata lengkap dan petugas kepolisiaan dari Resort Tanah Datar, serta petugas dari Balai POM Padang.

Vaksin tersebut dijemput ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat oleh Dinas Kesehatan setempat, dan tiba di Batusangkar sekitar pukul 13.15 WIB.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita mengatakan, jika vaksin akan disimpan di gudang farmasi dengan suhu 2-8°C, dan hal ini untuk menjaga keefektifan pemakaian dari vaksin itu sendiri.

Vaksin juga akan dijaga ketat selama 24 jam penuh oleh pihak kepolisian.

“Vaksin ini 3.000 vial, tadi kita jemput ke Dinas Kesehatan Provinsi dengan pegawalan ketat dari kepolisian. Untuk vaksin, kita simpan digudang farmasi kita, yang didalam gudang itu memiliki suhu 2 hingga 8°C,” ucap Yesrita usai serah terima vaksin dari petugas pengantar dan pengawal.

Yesrita melanjutkan, vaksin Sinovac ini akan mulai didistribusikan ke layanan kesehatan masyarakat atau Puskesmas dalam waktu dekat ini. Sesuai dengan jadwal penerimanya, sebanyak 1.475 tenaga kesehatan akan menjadi kelompok pertama penerima vaksin sinovac.

“Lihat kondisi, kita mendistribusikan itu pada saat kawan kawan dipuskesmas mulai vaksinasi. Ada 1.475 tenaga kesehatan kita yang akan divaksin,” ujarnya.

Untuk jumlah vaksin yang akan diterima oleh masing masing puskesmas bervariasi, dalam arti kata vaksin tidak akan diterima dengan jumlah yang sama. Begitu juga dengan pemberian vaksin, dimana tidak seluruh tenaga kesehatan yang akan menerima vaksin dalam satu hari penyuntikan. Melainkan diatur dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Tidak semuanya pada hari itu, seumpanya di puskesmas ada 30 nakes, mukin bisa saja separuhnya divaksin dulu. Untuk hari pertama itu ada Puskesmas Lima Kaum 1, nanti jadwal lengkapnya kita berikan,” ungkap Yesrita.

Sedangkan untuk pencananangan dari vaksinasi Covid 19 ini kata Yesrita, pihaknya akan terlebih dahulu berkordinasi dengan pimpinan daerah, khususnya terkait jadwal.

“Kita kordinasikan dulu dengan kepala daerah,” sambungnya.

Vaksin yang tiba hari ini merupakan vaksin yang diperuntukan untuk kelompok pertama penerima. Setidaknya, kedatangan vaksin sinovac ini dijawadkan sebanyak lima kali untuk lima kelompok pula.

Dalam rencana tahapannya, tenaga Kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa profesi kedokteran menjadi tahap pertama vaksinasi dengan rentang pelaksanaan Januari sampai April 2021. Tahapan kedua rentang waktu Januari-April 2021 dengan sasaran petugas publik, seperti TNI, Polisi, Aparat Hukum, dan petugas publik lainnya.

Tahapan ketiga rentang April 2021 sampai Maret 2022 diperuntukkan bagi masyarakat rentan dari segi aspek geopasial, sosial dan ekonomi.

Sedangkan tahap keempat yang juga direntang waktu April 2021 sampai Maret 2022 diperuntukkan bagi masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan dan ketersediaan vaksin. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top