Trending | News | Daerah | Covid-19

Selebritis

Dika Ada Band Kenalkan Yogamarta Sebagai Self Healing di @Se2ruan

Dibaca : 138

Jakarta, Prokabar — Memasuki episode ke-13 @Se2ruan kali ini mengundang personil Ada Band, Dika Satjadibrata. Tak hanya mengupas tentang karya musik, pemandu acara Ifan Ohsi juga mengajak pemain bass ini membahas tentang olahraga yang ditekuni.

Adalah yogamarta, olahraga yang memadukan gerakan senam, pencak silat dan tarian khas Indonesia. Dika mengenalkan jenis yoga karya anak bangsa agar masyarakat merasakan manfaatnya di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Yogamarta ialah seni olah tubuh, dipadukan dengan olah pernapasan. Nama yogamarta diambil dari bahasa sansekerta. ‘Amarta’ berarti air kehidupan,” katanya.

Menurut Dika, gerakan-gerakan yogamarta yang dilakukan perempuan dan laki-laki relatif sama. Hanya saja ada gerakan tertentu yang tidak disarankan bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

“Yogamarta ini bisa dilakukan selama 45 sampai 60 menit. Terdiri dari 23 gerakan yang dibagi dalam lima fase,” ungkapnya.

Fase-fase tersebut, Dika menguraikan, yakni fase bukaan napas, fase senam, fase jurus, fase baju besi dan fase tutup napas.

“Ada beberapa tingkatan level dalam yogamarta yang bisa diikuti oleh semua kalangan, mulai dari usia enam sampai 60 tahun. Dimulai dengan level yang paling dasar,” jelasnya.

Penasaran dengan yogamarta, Ifan lantas bertanya tentang proses yang dilalui Dika dalam mendalami olahraga ini.

“Risetnya selama delapan tahun. Saya mempelajari literatur silat Nusantara, mulai dari era Kerajaan Majapahit sampai Kerajaan Singosari. Selain itu juga mempelajari tarian khas Jawa,” serunya.

Manfaat lainnya seperti yang dikatakan Dika, yogamarta juga bermanfaat untuk mengobati diri sendiri atau self healing.

“Sebenarnya, tubuh bisa mengolah unsur kimiawi dalam diri untuk menyembuhkan sakit yang diderita,” ungkap Dika.

“Selain bisa mendapat manfaat self healing, mengikuti gerakan yogamarta secara benar dapat membuat kondisi tumbuh kembali fresh sehingga segala aktivitas berdampak sehat bagi tubuh,” tambahnya lagi.

Tak hanya Dika, Naga (vokalis Ada Band) juga memperdalam yogamarta. Pria yang pernah mengisi formasi band ‘Lyla’ ini merasakan manfaat dari olahraga ini.

“Naga suka olahraga yang ekstrim seperti boxing. Ternyata punya efek nyeri di bahu. Setelah melakukan yogamarta, rasa sakitnya berangsur hilang. Inilah self healing yang sebenarnya sudah dilakukan nenek moyang kita,” kisahnya.

Diakhir perbincangan, Dika memberikan quote inspiratif untuk dijadikan sebagai panduan hidup.

“Apapaun kondisinya kita dimana, apapun jangan berhenti berkarya dan be your self. Jadikan diri kita, bermanfaat untuk orang banyak. Momen apapun jadikan positif. Karena pandemi yang ngga bisa kita lakukan, sebenarnya timing kita merenung berbuat sesuatu bahkan lebih dari fikiran kita sebelumnya. Out of the box pasti bakan keluar dengan sendirinya,” pungkasnya. (beb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top