Daerah

Dicetus Anak Muda, Komunitas Seni Pasan Bumi Pessel Terbentuk

Pessel, Prokabar – Setelah melalui musyawarah yang berlangsung secara dinamis kemunitas pecinta seni terbentuk di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Kali ini komunitas pecinta seni dan budaya lahir di ‘Negeri Berjuluk Sejuta Pesona’ yang bernama “Pasan Bumi Pessel” resmi terbentuk, Jumat (12/7/) kemaren, di Muaro Bantiang, Nagari Pulau Karam, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Menurut pembina kelompok Seni Pasan Bumi Pessel, Iin Muhiddin mengatakan, pertama kelompok ini diambil dari Gonjong Rumah Adat dan Kubah Masjid artinya malambangkan bahwasanya, di Minang mengusung ajaran ‘Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah.’

Kedua, marawa adalah lambang kabasaran orang Minang. Bendera Minang, Lengkung Bulan Sabit Merah adalah Malambangkan Dabua Ombak Pasisia, sabagai pananda daerah Pesisir Pantai.

Ketiga, titik 4 di bawah Rumah Gonjong adalah lambang dari pilar 4 sahabat Nabi Saw, atau setali dengan berafiliasi ke 4 kaum yang ada di Minang, Koto, Piliang, Bodi dan Chaniago.

Komunitas Pasan Bumi Mandeh ini membawa Visi yakni,
mambangkik batang tarandam menghadapi era millenial dan Misi yakni memperkenalkan serta mensosialisasikan budaya, tradisi dan kesenian daerah.

Selain itu, kata Iin, komunitas ini membangun semangat kedaerahan terhadap kaum muda, merevitalisasi dan kolaborasi kesenian daerah sebagai bentuk afiliasi, ‘Indak lapuak dek hujan, indak langkakng dek paneh terhadap kesenian modern.’

Selanjutnya, membangun ekowisata perdaerah sebagai bentuk kekuatan dari kemandirian budaya, tradisi dan seni daerah serta menjadikan sebagai kekuatan wisata kemasyarakatan yang dikelola oleh masyarakat setempat, dan terakhir menjalin silaturrahmi antara seni tradisi dan moderen.

Seirama dikatakan Ketua terpilih Pasan Bumi Pessel, Ramon Arman Piliang mengatakan, komunitas ini nantinya akan menjadi Komeringsentris, ia berharap komunitas ini menginginkan budaya lokal mengudara di internasional.

Kepengurusan tersebut menurut rencana akan dikukuhkan dengan SK Bupati Pessel dan akan penampilan perdana dalam bentuk kolaborasi seni yang membawa pesan-pesan kedaerahan Pesisir.

“Dalam watu dekat, kami akan mengadakan rapat pembahasan program dan kegiatan, program-program yang akan dilontarkan adalah program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang,” ujarnya.

Dalam jangka pendek, ia akan melontarkan program-program dalam rangka memantapkan soliditas antar komunitas yang ada di Sumbar.

Dalam jangka menengah akan berupaya melakukan komunitas ini melakukan berbagai pentas seni, dan dalam jangka panjang akan berupaya melakukan kreasi seni ke seluruh pelosok di kecamatan.

“Target yang ingin kami dicapai adalah program Pasan Bumi Pessel bergema di masyarakat, keluarga memiliki kesadaran akan pentingnya berkesenian,” ujarnya lagi.

Dan segenap komponen masyarakat menjadi lebih peduli dan berpartisipasi aktif dalam pengembangan program kami ini, harapnya,(min)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top