Daerah

Dibantu Semen Padang, IPAL dan Sumur Bor FK Unand Diresmikan


“Sebelum ada IPAL, pengendalian limbah diatasi dengan cara dikumpulkan disuatu tempat kemudian diangkut ke tempat pembuangan limbah”

Dibaca : 161

 

Padang, Prokabar- Rektor Universitas Andalas (Unand) Prof.Dr. Yuliandri, SH, M.H, mengapresiasi PT Semen Padang yang telah memberikan bantuan pembangunan Instalansi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) dan sumur bor kepada Fakultas Kedokteran (FK) Unand, Kampus Jati.

“Terimakasih Semen Padang atas bantuan pembangunan IPAL dan sumur bor ini, karena bantuan ini sangat bermanfaat buat Fakultas Kedokteran kami,” kata Yuliandri saat acara penyerahan bangunan IPAL dan sumur bor FK Unand yang digelar di Aula FK Unand Kampus Jati, Jumat (19/4/2021).

Serah terima IPAL dan sumur bor itu ditandai dengan penandatangan berita acara oleh Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan Semen Padang Oktoweri kepada Dekan Fakultas Kedokteran Unand Dr. dr. Afri Wardi SPKO, MA.

Penandatangan itu disaksikan Direktur Ptama PT Semen Padang Yosviandri, Rektor Unand Prof.Dr. Yuliandri, SH, MH, dan Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Dr. dr. Andani Eka Putra, MSc.

Yuliandri menyampaikan bahwa IPAL dan sumur bor ini pada dasarnya bagian dari kerjasama Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi FK. Unand terkait dengan penanganan infeksi, namun besar manfaatnya jika dihubungkan persyaratan lingkungan dg berbagai laboratorium yang ada di lingkunganFK Unand.

Fasilitas IPAL dan air bersih ini akan sangat membantu lab PDRPI FK Unand dalam menangani pandemi Covid-19 dan masalah lainnya, serta mengkaji informasi tentang varian virus baru yang masuk ke Indonesia.

“Peran labor sangat vital dalam mengendalikan penularan Covid-19. Dan IPAL sendiri sangat menunjang kelengkapan labor. Mudah-mudahan, dengan adannya bantuan IPAL dan sumur bor ini, peran atau fungsi labor FK Unand ke depannya semakin maksimal, terutama dalam mengatasi virus Covid-19,” ujarnya.

Sebelum ada IPAL, pengendalian limbah aktivitas laboratorium FK Unand diatasi dengan cara mobile, yaitu dikumpulkan disuatu tempat kemudian diangkut ke tempat pembuangan limbah.

“Salah satunya, di IPAL RSUP Dr. M Djamil Padang,” bebernya.

Bantuan pembangunan IPAL dan sumur bor oleh Semen Padang ini, merupakan bentuk sinergi antara Unand dengan Semen Padang dalam mengendalikan penyebaran virus Covid-19 di Sumbar, khususnya melalui Rumah Sakit Unand dan FK Unand.

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top