Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Diambil dari APBD Pessel, Ini Besaran Anggaran Penanganan Covid-19

Dibaca : 189

Pesisir Selatan, Prokabar – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar, telah menetapkan anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp2,6 miliar. Anggran penanganan covid-19 tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Sekda Pessel, Erizon mengatakan, penetapan anggran untuk covid-19 ini dilakukan dengan memangkas sejumlah kegiatan-kegiatan yang sudah disusun. Sesuai dengan Inpres nomor 04 tahun 2020.

“Anggaran Rp2,6 miliar sudah kita sediakan, dengan memangkas kegiatan yang dianggap tidak penting dan itu sesuai arahan Bupati,” ujarnya para Prokabar.com Kamis (26/3) di Painan.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pessel, Satria Wibawa mengatakan, kepentingan anggran ini untuk kebutuhan covid-19. Selain pengadaan sarana dan prasarana, juga untuk operasional tim dan penanganan pasien.

“Dari total anggran Rp2,6 miliar itu diambil Rp1,8 miliar untuk sarana dan prasarana, dan sisanya untuk operasional dan penanganan pasien,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Pesisir Selatan, Jamalus Yatim meminta, pemerintah harus cepat tanggap dalam hal ini. Karena, besaran anggaran sangat menentukan langkah dan kebijakan pemerintah daerah.

“Pemerintah daerah harus bijak, dan cepat mengambil keputusan di sini. Karena penanganan corona harus mesti ada ketegasan. Apalagi Presiden sudah menginstruksikan,” tegasnya.

Bahkan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sudah menerbitkan Permendagri nomor 20 tahun 2020 tentang revisi dan alokasi dari APBD.

Berdasarkan update data oleh Pemkab Pessel, penanganan penyebaran Covid-19, di ‘Negeri Berjuluk Sejuta Pesona’ ini, pada Senin 23 Maret 2020, PDP menjadi tiga orang dan berstatus ODP menjadi 11 orang, kemudian notifikasi menjadi 147 orang.

Sebelumnya, apabila dibandingkan warga yang berstatus PDP hanya satu orang, dan yang berstatus ODP 6 orang, kemudian yang berstatus notifikasi berjumlah 130 orang.

“Dari update data pencegahan penyebaran Covid-19, kian hari bertambah,” ujar Kabag Humas dan Protokoler Setda Pesisir, Rinaldi Dasar pada Prokabar.com Rabu (25/3). Kemarin.

Hingga kini, tiga orang yang berstatus PDP sudah mendapatkan perawatan secara intensif di RSUP M.Djamil Padang dan satu diantaranya masih di rawat di RSUD M.Zein Painan,” jelasnya.

Sementara, 11 orang yang berstatus ODP itu, mereka yang datang dari daerah yang terjangkit seprti, dari Malaysia, Jakarta, Lampung, Bali dan juga ada yang dari Pekan Baru Provinsi Riau,(min)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top