Ekonomi

Di Tanah Datar Stok Kebutuhan Pokok Bakal Dicukupi, Begini Caranya

Tanah Datar, Prokabar – Ramadhan hampir tiba, bagi masyarakat bulan ini adalah bulan ibadah, tapi bagi pemerintah, Ramadhan adalah bulan yang sibuk.

Orang berpuasa, konsumsi makanan meningkat. Ibu ibu membeli belanjaan di pasar, untuk sahur dan babuki. Apalagi jelang ramadhan dan Hari Raya, aneka makanan tersedia.

Di sini berlaku hukum ekonomi. Jika permintaan tinggi, barang terbatas, harga akan naik. Ramadhan semua diborong, lalu pemerintah harus memastikan barang itu tersedia di pasar, jika tidak ingin mendengar masyarakat menjerit barang kebutuhan ini naik.

Tanah Datar sepertinya paham dengan ini. Semuanya dipersiapkan daei awal, Bupati mengumpulkan semua pihak yang terlibat. Kepala dinas, camat, walinagari, pengusaha SPBU dan pengusaha rumah makan.

“Pemerintah melalui dinas terkait harus memastikan ketersediaan bahan kebutuhan masyarakat, termasuk elpiji. Dinas Koperasi dan Perdagangan harus memantau kestabilan harga,” Tegas Irdinansyah Tarmizi, dalam pertemuan Selasa (15/5).

Pemerintah juga akan bertindak tegas jika ada penyalahgunaan tabung elpiji 3 Kg. “Jika ada pengusaha dan orang mampu membeli gas 3 KG, kita akan tindak, gas itu diperuntukkan bagi warga kurang mampu,” perintah Bupati.

Pol PP juga diminta bupati untuk berperan aktif menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat saat melaksanakan ibadah. Khusunya ibadah tarawih. Pemkab Tanah Datar tidak mentolerir penggunaan mercon dan kembang api di mesjid mesjid.

“Rapat kordinasi ini penting dilakukan dengan tujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Tanah Datar dalam menyambut dan menjalankan ibadah puasa 1439 H,” tutup Irdinansyah. (EYM)

Berani Komen Itu Baik
To Top