Daerah

Di Tanah Datar, Harga Terendah Sapi Qurban Rp14 Juta

Tanah Datar, Prokabar – Dua minggu jelang hari raya Idul Adha 1440 H, transaksi jual sapi qurban mulai meningkat di pasar ternak Batusangkar. Toke sapi datang dari berbagai kabupaten dan bahkan luar provinsi untuk mencukupi kebutuhan qurban di Tanah Datar.

Arjonaidi, salah seorang toke sapi di pasar ternak Batusangkar mengatakan harga sapi diakui mengalami kenaikan dibandingkan hari biasa. Rata rata kenaikan harga jual sapi sebanyak Rp2 juta per ekornya.

“Untuk hewan qurban, harga terendah itu sekitar Rp14 juta, dan harga tertinggi tergantung bobot dan jenis sapi itu sendiri,” katanya.

Arjonaidi, yang juga menjabat sebai ketua asosiasi pedagang sapi di pasar ternak Batusangkar ini mengungkapkan ketersediaan sapi untuk hari raya qurban terbilang mencukupi. Ia mengaku, untuk memenuhi kebutuhan hewan qurban bagi mesjid dan musalla, sapi-sapi tersebut juga didatangkan dari luar kabupaten dan provinsi, seperti dari Sumatera Utara.

“Selain pedagan lokal kita, seperti Payakumbuh, Sijunjung dan Solok, sapi-sapi ini juga didatangkan dari Sumatera Utara, ” ungkap jon.

Ia mamastikan, jika pedagang sapi di pasar ternak ini tidak menjual sapi betina produktif sebagai hewan qurban. Pedagang juga mengimbau dan mengingatkan para pembeli sapi qurban untuk selalu membeli sapi jantan.

“Intuk sapi produktif tidak dijadikan hewan qurban, kita sangat mendukung itu. Kalau diqurbankan, nanti kita juga yang susah mencari sapi, karena induknya sulit untuk ditemui,” tutupnya.(eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top