Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Di Padang Pariaman Butuh Tambahan 37 orang Tenaga Penyuluh Pertanian

Dibaca : 349

Padang Pariaman, Prokabar – Dinas Pertanian Kabupaten Padang Pariaman membutuhkan 113 orang tenaga penyuluh. Sedangkan saat ini tenaga penyuluh ada 76 orang sehingga masih kekurangan 37 orang lagi ujar Kepala Dinas Pertanian Padang Pariaman, Yurisman kepada Prokabar.com.

76 tenaga penyuluh pertanian tersebut lanjutnya, dominasi berusia 50 tahun ke atas sehingga beberapa tahun ke depan akan memasuki masa pensiun.

“Tahun ini ada 12 orang dari jumlah tenaga pertanian tersebut yang akan memasuki masa pensiun. Akibatnya tahun depan jumlah tenaga penyuluh di daerah itu akan berkurang,”kata Kadis Pertanian tersebut.

Ia mengatakan selama ini kekurangan tenaga penyuluh tersebut disiasati dengan meminta penyuluh untuk membina lebih dari satu nagari dari wilayah yang bersangkutan dan meminta pegawai di dinas untuk ikut melakukan sosialisasi kepada petani.

Idealnya katanya, satu nagari itu dibina oleh satu penyuluh pertanian. Sehingga kebutuhan tenaga penyuluh pertanian dilapangan sebanyak 103 orang dari 103 nagari dan 10 orang yang bertugas di kantor.

Yurisman mengatakan tahun lalu pihaknya telah mengusulkan penambahan tenaga penyuluh pertanian kepada pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia setempat. Namun hingga saat ini belum ada tanggapan.

Ia menyebutkan keberadaan penyuluh pertanian di daerah itu diperlukan untuk memberikan bimbingan kepada petani baik terkait penggunaan alat mesin pertanian modren, pemberian pupuk, peningkatan produksi, dan pengendalian hama.

“Saat ini daerah ini berupaya meningkatkan produksi berbagai komoditas pertanian terutama tiga bahan pokok utama yakni padi, jagung, dan kedelai,”tuturnya.

Kadis Pertanian tamatan Unand ini juga memaparkan hasil produksi padi daerah itu mencapai 321 ribu ton, jagung 80.270 ton, dan kedelai 28 ton.

“Oleh sebab itu, kami sangat membutuhkan penambahan tenaga penyuluhan ini, agar peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai dapat tercapai,” tutup Yurisman. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top