Nasional

Desain Istana Negara di Palangkaraya Masuk Laporan Hoaks

Jakarta, Prokabar — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan bahwa “Rancangan Istana Negara di Palangkaraya”yang beredar melalui sebuah postingan di media sosial Twitter merpakan informasi hoaks atau ujaran kebohongan.

“Tidak benar, karena foto rancangan istana negara itu merupakan proyek prestisius di era Presiden ke 2 RI Soeharto bernama Gedung Graha Garuda Tiara Indonesia,” kata Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, Sabtu (4/5)

Ferdinandus Setu menjelaskan, rancangan gedung Istana itu berlokasi di daerah Cileungsi Bogor Jawa Barat. Namun, proyek yang dimulai tahun 1995 itu telah rata dengan tanah.

“Berdasarkan penampakan menggunakan citra satelit, bangunan itu sekarang sudah rata dengan tanah, dan tidak berbekas wujud bangunan yang berbentuk Garuda itu,” jelas Ferdinandus.

Ia menjelaskan, gambar yang viral tersebut menjadi salah satu dari 13 hoaks pada hari Jumat (3/5).

Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo juga menyebutkan, konten hoaks yang cukup viral lainnya ikut menyeret nama Ustad Yusuf Mansur (UYM). Pasalnya, beredar sebuah artikel di media sosial yang berjudul, “Tanggapi People Power, UYM: Jihad Bela Prabowo “Mati Syahid”, Namun Pasti Masuk Neraka!!”

Namun, Ferdinandus menjelaskan, artikel yang diunggah pada hari Selasa (30/4) dengan memasang foto UYM itu telah diklarifikasi langsung oleh UYM melalui akun Instagramnya.

“Judul artikel itu tidak benar, karena sesuai klarifikasi oleh Ustadz Yusuf Mansur pada akun Instagramnya @yusufmansurnew, pada hari Kamis (2/5), bahwa dirinya tidak pernah membuat pernyataan seperti itu,” kata Ferdinandus. (*/hdp)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top