Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Debat Kandidat 2020, Rusma-Rudi Gaungkan Program Gratis di Pessel

Dibaca : 205

Pesisir Selatan, Prokabar — Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah merupakan calon nomor urut 2 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pesisir Selatan (Pessel), menggaungkan program gratis.

Jika, Rusma dan Rudi terpilih menjadi bupati Pesisir Selatan maka program gratis yang digulirkan yakni pertama program pendidikan dan kesehatan dalam menjamin kebutuhan dasar di bagi masyarakat Pessel, jika terpilih di Pilkada 2020.

Hal itu, ditegaskan paslon Rusma Yul Anwar dan Rudiansyah dalam kesempatan closing stegment pada debat Paslon calon bupati dan wakil bupati yang digelar KPU Pesisir Selatan, di studio TVRI Sumatera Barat, Rabu 11 November 2020.

Dari 9 program yang diunggulkannya, persoalan pendidikan dan kesehatan adalah hal yang menjadi perhatian serius dan utama baginya.

“Kami bersama Rudi, program pendidikan dan kesehatan selama ini mahal dan sangat membebani masyatakat maka akan kami akhiri. Pendidikan dan kesehatan gratis akan kami persembahkan pada masyarakat,” ungkap Paslon nomor urut 2 diwakili Rusma Yul Anwar di sesi closing stegment.

Dalam pembukaan debat, Paslon nomor urut nomor 2 mengatakan, persoalan pendidikan dan kesehatan adalah merupakan hal sangat mendasar bagi masyarakat hari ini. Apalagi, seiring waktu, hari ini Pessel tercatat sebagai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terendah ke 12 di Sumbar. Karena data BPS, IPM ditopang dengan rata-rata lama sekolah dan usia harapan hidup yang masih rendah di Pessel.

“Ini mengingat pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Pessel. Karena itu, dari 9 program yang kami usung, kami akan gratiskan pendidikan dan kesehatan. Apalagi, Setelah mencermati kondisi pandemi, “ujar Rusma.

Sementara di sisi lain, Paslon nomor urut 2 juga menyinggung soal keberpihakkan program daerah dalam pengembangan sektor ekonomi masyarakat. Diantaranya di tingkat nagari, pihaknya bakal membantu nagari melalui kebijakan Pemkab, seperti program 1 nagari, Rp1 miliar dari APBD.

Selain itu, melalui penjabaran Rudi Hariansyah soal sektor peningkatan ekonomi masyarakat, pihaknya juga bakal mendorong investasi melalui pengurusan yang transparan melalui infrastruktur yang baik dan regulasi lainnya yang tidak berbelit.

“Dasar transparansi, mulai dari perizinan. Pertama, akses internet tiap nagari. Pengurusan izin bisa dari rumah. Pembayaran bisa melalui E-KTP money dan uang-uang digital lainnya dengan melibat bank-bank yang ada,” terangnya.

Selain itu, dalam menumbuhkan rasa perbedaaan budaya di Pessel sendiri, pihaknya akan berkomitmen untuk menjaganya. Menurutnya, perbedaan kebudayaan adalah salah satu keunggulan yang dimiliki daerah, jadi itu akan dipadukan untuk membangun Pessel.

“Ke depan, keunggulan-unggulan itu yang akan kita padukan. Akulturasi budaya. Jangan jadikan pertentangan. Kita jadi untuk kemajuan,” tutupnya,(min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top