Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Darurat Perbaikan, Jalan Provinsi di Tanah Datar Rusak Parah

Tanah Datar, Prokabar – Masyarakat Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas mengeluhkan kondisi jalan provinsi yang rusak parah. Kondisi ini telah berlangsung sejak beberapa bulan yang lalu, dan saat ini lubang-lubang besar menganga di tengah badan jalan.

Menghindari kendaraan agar tidak terperosok ke dalam lubang, pengguna jalan mesti meliuk-liukan stir mobil mereka. Alhasil, bibir jalan yang seyogyanya ditumbuhi rerumputan, kini malah kandas oleh jejak roda kendaraan.

Akses jalan ini merupakan pintu masuknya masyarakat dari arah timur Tanah Datar, seperti Sitangkai, Padang Ganting menuju pusat kota Batusangkar. Tak hanya itu, kendaraan bertonase berat dan berukuran besar juga kerap lalu lalang di jalan itu.

“Selain kendaraan yang mengangkut sirtukil, kendaraan berat yang hendak ke Jawa juga sering melintasi jalan ini, karena lebih dekat lewat Sijunjung,” ucap Ali, pengendara roda empat yang saban hari melintasi jalan tersebut.

Warga juga mengeluhkan perbaikan dan penanganan yang lamban oleh pihak berwenang, yaitu Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sumatera Barat. Menurut warga setempat, selama ini perbaikan jalan rusak hanya sebatas tambal sulam, dan dilakukan ketika adanya kunjungan Mufidah Kalla saat Yusuf Kalla masih menjabat sebagai Wakil Presiden RI.

“Ini sudah butuh pengaspalan baru pak. Di bawah sana (depan pasar Saruaso) aspalnya bagus, sekitar seratus meter, kemudian rusak lagi. Diperbaiki ada, tapi tambal sulam. Itupun kalau ada tamu penting lewat jalan ini. Dulu, ibuk Mufidah mau lewat, jalan diperbaiki. Sekarang? Entah diperbaiki entah tidak lagi pak,” katanya.

Berdasarkan pantauan prokabar.com. di wilayah Kabupaten Tanah Datar, hampir menyeluruh pintu masuk menuju kabupaten itu mengalami kerusakan yang cukup parah. Kerusakan akses jalan provinsi terdapat di jalan Ombilin Batusangkar, Batusangkar Payakumbuh, dan Sitangkai Batusangkar.

Harapan warga, di tahun 2020 ini pihak terkait mampu cepat tanggap dan memperbaiki akses jalan yang tak ubahnya seperti kubangan kerbau disaat musim hujan melanda. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top