Daerah

Dana Desa Tidak Melulu Untuk Pembangunan, Ini peruntukan Lainnya

Tanah Datar, Prokabar – Wali Nagari di Tanahdatar diharapkan dapat melakukan pembinaan terhadap lembaga unsur di nagari masing-masing dengan memperuntukan Anggaran Dana Desa (ADD). Lembaga dimaksud tersebut adalah lembaga yang melakukan pergerakan dalam bidang sosial kemasyarakatan.

Bupati juga mengingatkan agar para wali nagari untuk tidak menyepelekan imbauan tersebut. Pasalnya, dengan banyaknya pemberdayaan yang dilakukan, akan mampu meningkatkan kualitas SDM yang ada di nagari-nagari

“Jadi dari ADD tersebut sudah dianggarkan 30 persen untuk pembinaan yang diperuntukan bagi lembaga unsur seperti alim ulama, pemuda, Karang Taruna, PKK dan lain sebagainya. Maka dari itu, peruntukanlah dana tersebut bagi lembaga-lembaga tersebut agar pemberdayaan berjalan di masing-masing nagari,” ujar Bupati Tanahdatar Irdinansyah Tarmizi

Seperti karang taruna, saat ini tengah menggeliat di Tanahdatar. Sampai saat ini belum seluruh nagari yang memiliki Karang Taruna, namun Karang Taruna di Tanahdatar, telah mampu berprestasi sejak dua tahun terakhir di tingkat provinsi.

“Pada tahun 2017 kita berhasil meraih juara dua, dan 2018 meraih juara tiga tingkat provinsi. 2019 nanti kalau dapat kita juara nasional,” tegasnya.

Untuk mendukung itu, organisasi Karang Taruna jangan sampai berjalan sendiri tanpa bantuan dari pemerintahan nagari.

“ Saat ini masih banyak permasalahan sosial yang ada di Tanah Datar. Kita masih memiliki masyarakat miskin yang tidak sedikit. Program yang ada dalam membantu masyarakat miskin tentu belum semuanya akan terbendung. Jadi, wajar apabila kita masih menemukan rumah masyarakat seperti kandang kerbau, karena program bedah rumah kita tidak memenuhi seluruh kuota yang ada,” terang Irdinansyah.

Untuk mengatasi hal itu sebut bupati, tidak bisa diharapkan pada pemerintah saja karena memiliki keterbatasan.

“Kita mengapresiasi organisasi sosial yang banyak membantu pemda dalam hal ini, beberapa organisasi sosial yang berdiri dengan mandiri telah banyak melakukan bantuan kepada masyarakat membutuhkan yang ada di Tanahdatar, dan itu sangat membantu sekali,” sebut Irdinansyah.

Kedepan, Bupati berharap agar pemerintah nagari benar-benar memperhatikan organisasi yang bergerak dalam bidang sosial untuk dibina. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top