Daerah

Dampak Kabut Asap Yang Kian Pekat, Pemkab Tanah Datar Bagikan Masker

Tanah Datar, Prokabar — Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mulai membagikan masker sebagai bentuk pencegahan dampak kabut asap kiriman. Bagi bagi masker dilakukan di sekokah dasar 05,09 dan 16 batusangkar, jumat (13/9).

Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma mengatakan bagi bagibmasker yang dilakukan adalah upaya menimalisir penyebaran penyakit dari dampak polusi udara yang terjadi saat ini. Meski indeks kualitas udara di wilayah Tanah Datar tengah dilkukan pengujian oleh pihak terkait, namun pemerintah sangat berharap seluruh sekolah di Tanah Datar dapat mempertimbangkan seluruh aktivitas anak diluar sekolah.

” Masker ini kita bagikan agar anak anak kita tidak terjangkit penyakit yang disebabkan oleh kabut asap. mudah mudahan dengan memakai masker kesehatan peserta didik dpaat terjaga. Kepada sekokah, kalau bisa dikurangi aktifitas diluar sekolah bagi anak anak diidik kita. Kalaupun harus, jangan lupa memakai masker,” ucap Wakil Bupati.

Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar, Yesrita mengaku jika sampai saat ini belum ditemukan adanya peningkatan yang signifikan terhadap penyakit ispa akibat dampak kabut asap.

” setiap bulannya ada kasus ispa, tetapi dari pantauan kami belum adabpeningkatan yang signifikan,” ucapa Kadinkes Tanah Datar, Yesrita.

Yesrita menambahkan, jika Dinas Kesehatan telahbmengeluarkan edaran kesetiap puskesmas agar melakukan penyuluhan kepada masyarakat, terutama masyarakat yang beresiko, yakninya anak anak dan lansia. Selain itu dibantu pihak kecamatan, puskesmas juga membagi bagikan masker kepada masyarakat.

” kita menghimbau, jangan banyak melakukan aktifitas diluar rumah. Jika pun hendak keluar, gunakan lah makser atau penutup mulut dan hidung. Kurangi membakar sampah, karena bisa menambah polusi udara, kabut asap,” tutup Yesrita. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top