Daerah

Cuaca Ektrim Kembali Melanda, Waspada Bencana Alam Di Agam

Dibaca : 368

Lubuk Basung, Prokabar – Angin kencang disertai hujan lebat kembali melanda wilayah Kabupaten Agam. Kondisi itu berdampak pada pohon tumbang menutup badan jalan dan menimpa rumah warga. Kejadian berlangsung sejak Jumat (2/4) hingga Sabtu (3/5).

Akibat angin kencang, menyebabkan pohon tumbang ukuran besar dan menengah di tiga titik lokasi di jalan lintas Provinsi Sumatera Barat (Lubuk Basung menuju Padang Luar). Tepatnya di Nagari Koto Gadang IV Koto, Kecamatan Tanjung Raya. Kejadian sekitar pukul 19.00 WIB.

“Saat ini kondisi di lapangan masih hujan lebat dan angin kencang. Bersama Tim BPBD Agam, TNI, Polri, Pemerintah Kenagaraian dan masyarakat melakukan gotong royong pembersihan akses jalan ditutup pohon tumbang tersebut,” Ungkap Camat Tanjung Raya, Handria Asmi bersama Kalaksa BPBD Agam, Muhammad Lutfi, didampingi TKSK Kecamatan Tanjung Raya, Miswardi dan Jajaran Polsek, Koramil, BPBD dan Masyarakat, Sabtu malam (3/5).

Kemaren lanjutnya, juga terjadi pohon tumbang di jalan lintas yang sama, tepatnya di Lubuk Sao, Nagari Persiapan Dalko Lubuk Sao dan di Jorong Rambai Kecamatan Tanjung Raya, material pohon tumbang menghambat ruas Jalan Propinsi Manggopoh menuju Padang Lua.

“Akses transportasi sempat tidak dapat dilewati oleh kendaraan roda empat, sehingga terjadi Kemacetan. Pohon tumbang sempat mengenai kabel listrik dan membahayakan pengguna jalan. Setelah dilakukan pembersihan, akses jalan dan kabel listrik berhasil dievakuasi. Sehingga akses jalan kembali normal,” terangnya didampingi Tim BPBD dan Damkar Agam.

Sementara itu, di Jorong II Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung terjadi atap rumah warga diterbangkan angin kencang. Dan di Balai Jiraik, Jorong Cacang Raudah, Kecamatan Tanjung Mutiara, terjadi pohon tumbang menimpa rumah warga.

Di Tanjung Mutiara, pohon tumbang menimpa rumah milik Ali Asar (73). Di Jorong II Garagahan atap rumah warga diterbangkan angin milik Sakirman (65) dengan jumlah keluarga 4 orang.

“Di Jorong II Garagahan, kami telah melakukan penanganan darurat dengan cara pemasangan atap dan pemasangan terpal terhadap rumah yang terdampak. Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada. Dan cepat memberikan informasi bila terjadi bencana alam,” tutupnya. (rud)

Halaman : 1 2

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top