Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Cuaca Ekstrem, Kebakaran Lahan Mulai Marak di Agam

Dibaca : 130

Agam, Prokabar — Kebakaran Hutan melanda sejumlah daerah di Kabupaten Agam. Rata-rata lahan sawit menjadi sasaran utama kebakaran tersebut.

Kebakaran lahan pertama terjadi di Padang Joagam, Jorong Tandikek, Nagari Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari, Senin (24/2). Kejadian diperkirakan pukul 09.00 WIB.

“Kebakaran itu menghanguskan lahan Karet milik Kaban (82). Sekitar setengah hektat hangus terbakar. Lahan kedua, milik Almarhum Datuak Kunyian dengan luas sekitar 0,4 hektar. Saat ini api masih hidup dan masih dalam proses pemadaman. Dan lahan yang terbakar berjarak lebih kurang 50 meter dari permukiman,” ungkap Kalaksa BPBD Agam, melalui Kabid KL, Syafrizal, Senin (24/2).

Kejadian kedua terjadi di kebun warga di Tantaman, Jorong Tantaman, Nagari Tigo Koto Silungkang, Kecamatan Palembayan, Sabtu (22/2). Kejadian sekitar pukul 23.30 WIB.

“Sekitar lahan seluas 1 hektar perkebunan sawit dan karet hangus terbakar si jago merah. Pemilik atas nama Ati (65),” terangnya.

Kebakaran lahan pada pohon sawit mati juga terjadi di Jorong Kajai Pisik, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Minggu (23/2). Lahan milik Irman Tasri (47) dan Andin (35) diperkirakan hangus terbakar lebih kurang 5 hektar.

“Sumber api diketahui sisa pembakaran sampah daun hidup kembali. Api cepat merambat karena cuaca panas dan angin kencang,” tuturnya.

Terakhir, kebakaran lahan terjadi di Jorong Sigiran, Nagari Malalak Utara, Kecamatan Malalak, Minggu, (23/2) pukul 14.00 WIB.

Lahan milik Kari Buyuang hangus terbakar sekitar setengah hektar. “Kebakaran lahan tersebut langsung mendapat tanggapan cepat dari Damkar Agam dibantu BPBD Agam. Sejumlah titik itu telah didata dan ditanggulangi dengan cepat. Kami menghimbau seluruh masyarakat untuk menjaga lahan pertaniannya. Menghindari pembakaran lahan disaat cuaca ekstrim masih berlangsung. Terjadinya kebakaran akan berdampak buruk pada diri dan orang banyak,” pungkasnya. (rud)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top