Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Covid-19, Gor Ilyas Yakub Painan Disulap Menjadi Rungan Isolasi

Dibaca : 851

Pesisir Selatan, Prokabar — Untuk menghadapi wabah virus Covid-19, Gor Ilyas Yakub, Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar, disulap menjadi ruang isolasi bagi warga yang mengalami notifikasi.

Sekda Pessel, Erizon mengatakan, Gor Ilyas Yakub ini dijadikan tempat ruangan isolasi setelah menggelar rapat bersama OPD yang terkait.

“Kemaren kita rapat dengan sejumlah OPD terkait tentang persiapan yang kita lakukan untuk mengantisipasi wabah virus Covid-19, Gor Ilyas Yakub kita fungsikan sebagai ruang penanganan atau ruang isolasi untuk warga notifikasi, “ujar Sekda sekaligus Ketua Gugus Tugas.

Ia menambahkan, pihanya memfasilitasi satu rungan untuk laki-laki dan satu ruang untuk perempuan, masing-masing ruangan mempu menampung 30 orang.

Semua cara dalam rangka menekan angka penularan virus covid-19 harus dilakukan seoptimal mungkin dan Gor ini merupakan aset daerah sehingga disiapkan apabila dalam kondisi bagi warga yang notifikasi sebagai ruang isolasi.

“Kita harus melakukan tindakan preventif untuk mewaspadai jumlah penderita. Supaya tidak semua tertular dan lari ke rumah sakit. Itu pasti memberatkan bagi kita, “ujarnya lagi.

Diberikan sebelumnya, berdasarkan update data penanganan penyebaran Covid 19, di ‘Negeri Berjuluk Sejuta Pesona’ ini, pada Senin 23 Maret 2020, PDP menjadi tiga orang dan berstatus ODP menjadi 11 orang, kemudian notifikasi menjadi 147 orang.

Sebelumnya, apabila dibandingkan warga yang berstatus PDP hanya satu orang, dan yang berstatus ODP 6 orang, kemudian yang berstatus notifikasi berjumlah 130 orang.

“Dari update data pencegahan penyebaran Covid-19, kian hari bertambah, “ujar Kabag Humas dan Protokoler Setda Pesisir, Rinaldi Dasar pada Prokabar.com Rabu (25/3). Kemarin.

Hingga kini, tiga orang yang berstatus PDP sudah mendapatkan perawatan secara intensif di RSUP M.Djamil Padang dan satu diantaranya masih di rawat di RSUD M.Zein Painan, “jelasnya.

Sementara, 11 orang yang berstatus ODP itu, mereka yang datang dari daerah yang terjangkit seprti, dari Malaysia, Jakarta, Lampung, Bali dan juga ada yang dari Pekan Baru Provinsi Riau.

“Kemudian mereka yang ternotifikasi berasal dari berbagai nagari dan Kecamatan di Pessel, “tutupnya. (min)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top