Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Coklit Serentak di Sawahlunto Dikawal Komisioner KPU Sumbar

Dibaca : 350

Sawahlunto, Prokabar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) serentak yang dimulai, Sabtu, 18 Juli 2020. Kegiatan berlangsung di sejumlah Kabupaten dan kota di Sumbar.

Salah satu daerah yang dipilih dari 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat adalah kota Sawahlunto.

Komisioner KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani mengatakan, daerah Sawahlunto tampaknya sudah siap untuk melakukan klik dan coklit serentak, dibuktikan dengan suksesnya apel yang diselenggarakan pada hari ini, Sabtu ((18/7).

Pernyataan Komisioner Yanuk, diperjelas Kasubag Umum dan Logistik KPU Sumbar Fairuz Hayatus mengatakan, KPU Sumbar melakukan supervisi dan monitoring gerakan coklik serentak pemilihan serantak tahun 2020 di kota Sawahlunto. Menindaklanjuti surat ketua KPU RI pusat untuk pemberitahuan kegiatan gerakan Klik dan Coklik Serentak dan putusan rapat pleno KPU Provinsi Sumbar 13 Juli 2020.

“Berdasarkan PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan wakil bupati dan walikota dan wakil walikota tahun 2020 15 Juli 2020 jadwalnya dimulai pelaksanaan kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklik),” ujar Fairuz Hayatus Kasubag umum dan Logistik KPU Sumbar didampingi Yuharmafitri staf kasubag umum dan Sherly Wahyudi usai Apel di halaman Kantor Camat Barangin Kota Sawahlunto, Sabtu, 18 Juli 2020.

Menurut Fairuz, KPU Sumbar juga untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih dan memastikan daftar pemilih tersusun dengan baik, KPU akan melaksanakan kegiatan- kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklik) melalui gerakan coklik serentak (GCS).

“Gerakan coklik serentak (GCS) dilaksanakan 18 Juli 2020 dimana KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, PPS dan PPDP wajib mengikuti apel kesiapan coklik serentak selanjutnya melakukan coklik serentak minimal ke Lima (5) rumah pemilih di wilayah kerja masing- masing,” ujarnya

Lanjut Fairuz Hayatus, Gerakan Coklit Serentak ini dilakukan dapat masuk dengan cara masuk ke laman www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Pleno KPU Sumbar pada 13 Juli lalu menetapkan Gerakan Coklit Serentak di Sumbar dilaksanakan pada 18 Juli.

“Meski begitu, sejak 15 Juli lalu kita sudah memulai tahapan Klik dan Coklit data pemilih ini di semua kabupaten dan kota.Semoga dengan berbagai program dan kegiatan yang kita lakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih ini, bisa memenuhi target yang ditetapkan. Karena, partisipasi pemilih, sangat menentukan kualitas Pilkada serentak 2020 ini dan juga mengunjungi wakil wali Kota Sawahlunto, tokoh masyatakat, unsur Muspida,” ujarnya

Sementara itu ditempat yang sama Ketua KPU Sawahlunto Fadhlan Armey mengatakan, terkait jumlah PPDP yang ditetapkan sebanyak 146 orang tersebar di 4 Kecamatan dan 37 Desa/Kelurahan.

“PPDP nantinya yang akan mendatangi rumah-rumah menduduk yang sudah memiliki hak pilih untuk memuktahirkan data pemilih,” ujarnya

Dikatakan Fadhlan, KPU Kota Sawahlunto melakukan pemutakhiran data pemilih dan pencocokan dan penelitian data pemilih pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020.

“Semoga gerakan coklik serentak di Kota Sawahlunto berjalan aman dan lancar, maka sebab itu mohon dukungan masyarakat agar semua tujuan dapat tercapai dan target minimal 77,50 persen pemilih dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang bisa tercapai,” ujar Fadhlan. (rls)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top