Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Chatib Sulaiman Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional

Dibaca : 260

Padang Panjang, Prokabar – Pemerintah Kota Padang Panjang mengusulkan Chatib Sulaiman sebagai pahlawan nasional. Chatib Sulaiman dianggap sebagai tokoh yang berperan penting dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Usulan tersebut pun saat ini tengah dibicarakan bersama Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD).

Walikota Padang Panjang melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Martoni mengatakan bahwa nama Chatib Sulaiman memang sudah tidak asing lagi di telinga, pasalnya di Sumatera Barat nama tersebut digunakan sebagai nama jalan, nama gedung dan lain sebagainya.

“Itu merupakan penghargaan bagi Chatib Sulaiman yang telah berjasa pada zaman dahulu, dan untuk penghargaan kita telah sepakat untuk mengajukan nama beliau untuk terdaftar sebagai pahlawan Nasional,” ujarnya.

Nasrul Abit Indra Catri

Maka dari itu, melalui rapat yang dilakukan diharapkan mampu memberikan masukan dan saling berbagi untuk mengupas serta kilas balik tentang perjuangan yang telah dilakukan oleh Chatib Sulaiman sehingga tercapainya nama Chatib Sulaiman sebagai Pahlawan Nasional.

“Nantinya hasil dari yang dilakukan oleh TP2GD Kota Padang Panjang ini akan disampaikan kepada Gubernur Sumatera Barat yang kemudian akan diusulkan ke Kementrian Sosial sebagai bahan pertimbangan untuk menerbitkan rekomendasi kepada Presiden Republik Indonesia melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan,”ucapnya.

Salah seorang anak dari Chatib Sulaiman yakni Sudarman Chatib Datuak Barbanso mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemerintah Kota Padang Panjang terhadap pejuang Chatib Sulaiman.

“Besar harapan kami semoga, pejuang Chatib Sulaiman bisa terdaftar dalam nama Pahlawan Nasional,” harapnya.

Perlu diketahui, gugurnya para pejuang kemerdekaan yang dikenal dengan Peristiwa Situjuah pada 15 Januari 1949 silam diantaranya ada 69 pejuang yang gugur dibantai Belanda, termasuk salah satunya Chatib Sulaiman

Menurut Sudarman Khatib Datuak Babangso, Peristiwa Situjuah adalah mata rantai yang tak bisa dipisahkan dengan eksistensi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) 1948-1949 di Sumatera Tengah.

“Chatib Sulaiman salah satu pejuang yang ikut dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, sebelum gugur dalam peristiwa berdarah di Situjuah, Chatib Sulaiman dipercaya sebagai Ketua Markas Pertahanan Rakyat Daerah dalam struktur PDRI,”katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial PKBPPPA, Dosman Bin Nur akan menyelesaikan secepatnya persyaratan administrasi pengusulan Alm. Chatib Sulaiman dalam mendapatkan Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional yang akan disusun secara sistematis dan didukung dengan data yang akurat.

Adapun Tim dari TP2GD yang hadir pada kesempatan tersebut yaitu, Taslim Dt. Tongga (Sejarawan), Noermen Nazar, Dt. Tan Majo Lelo (Sejarawan), Dr. Azrul Zamaan S. Kar, M. Hum (Akademisi), Dr. Edwar Zebua, M. Pd (Akademisi), Mayor (Purn) Akmal, (Dewan Harian 45), Soleh St. Sampono (Veteran). (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top