Daerah

Cerdaskan Anak Nagari, Nevi Zuarina Giatkan Program ini

Pasaman, Prokabar — Buku adalah gerbang dunia, membaca adalah kuncinya. Itulah moto yang terpampang besar di sisi depan perpustakaan Ashabul Kahfi. Sebuah perpustakaan rakyat yang baru saja diresmikan Nevi Zuarina, istri Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Terletak di Jorong Kampung Malayu Nagari Limo Koto, Kecamatan Bonjol, perpustakaan ini hadir untuk mencerdaskan masyarakat di tanah pahlawan Nasional, Tuanku Imam Bonjol.

Tidak begitu mewah tampilan perpustakaan ini, bahkan belum banyak buku yang ada. Namun, semangat yang begitu besar oleh para orang tua, niniak mamak, bundo kanduang hingga tokoh masyarakat, membuat perpustakaan ini hadir.

Walinagari Limo Koto, Yuharman menjelaskan, perpustakaan ini rencananya akan dibina dalam program sudut baca Nevi Zuairina. “Gunanya mencerdaskan semua elemen masyarakat dengan gerakan gemar membaca,” kata Yuharman, Selasa (14/5).

Dilanjutkan Nevi Zuarina, lahirnya perpustakaan ini, tak lain juga dari gagasan para perantau. “Semakin hari semakin besar tantangan para penerus bangsa untuk terjerumus dalam dunia maya yang lebih banyak mudharatnya. Itulah, saya sangat antusias dalam lahirnya perpustakaan ini,” kata Nevi.

Diakui Nevi, ke depannya program sudut baca ini, bakal ia jalankan masing-masing satu perpuatakaan per kecamatan. (Ola)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top