Trending | News | Daerah | Covid-19

Artikel

Cegah Virus Corona dengan Konsumsi Sayur dan Buah

Dibaca : 301

Oleh : Febria Mayang Rahayu, Mahasiswa Sastra Minangkabau, Universitas Andalas


Padang, Prokabar — Mengkonsumsi makan sehat memang di haruskan untuk menjaga kesehatan tubuh kita, agar tidak mudah di serang penyakit. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat menyehatkan tubuh dan dapat menghindari dari wabah penyakit.
Pada saat sekarang ini wabah virus corona atau COVID-19 sudah sangat menjadi pandemi global.

Virus ini dapat menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia), middle-East Respiratory syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Yang mengakibatkan meninggal dunia.

Infeksi virus ini disebut COVID-19 dan pertama kali di temukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di cina dan termasuk Indonesia. menyikapi perkembangan penularan virus corona baru sars-CoV-2 di Indonesia, kepala daerah dua wilayah di Indonesia telah menetapkan status kejadian Luar Biasa (KLB).

Maka dari itu, salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh atau imunitas adalah dengan menjaga asupan makan, mengkonsumsi sayuran dan Buah-buahan hal ini cukup ampuh untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, sudah banyak istansti terkait mengimbau masyarakat agar menjaga kesahatan dan menjaga kebersihan tubuh dengan mencuci tangan dengan air mengalir, menyemprotkan cairan disinfektan, memakai masker agar virus corona itu tidak menular.

Berikut ini adalah beberapa sayuran yang bisa kita konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh yaitu:

1. Sayur Bayam

Makanan bisa cegah penularan virus corona berikut termasuk sayur bayam. Bayam mengandung vitamin yang dilengkapi dengan antioksidan dan beta karoten yang membantu tubuh dalam melawan infeksi kekebalan tubuh melawan virus jahat. Lebih lengkapnya lagi, dikutip dari alodokter.com, vitamin yang terkandung dalam sayur bayam yakni, vitamin A, C, B kompleks, E, dan K. Kemudian mineral-mineral utama yang baik bagi tubuh, seperti magnesium, asam folat, zat besi, kalsium, sodium, dan potassium.

2. Sayur Brokoli

Sayur brokoli memiliki kandungan vitamin A, C, dan E, yang kaya, serta mineral dan antioksidan yang mampu melawan sumber penyakit. Antioksidan dari sayur brokoli mampu membantu mencegah proses oksidasi dan radikal bebas pada sel dan organ tubuh, supaya tubuh tetap kuat.

3. Kubis

Kubis segar banyak mengandung vitamin A, B, C dan E. Kandungan vitamin C cukup tinggi untuk mencegah berbagai penyakit. Mineral yang banyak di kandung adalah kalium, kalsium, fosfor, nutrium, dan zat besi. Kubis juga mengandung sejumlah senyawa yang merangsang pembentukan glutation, zat yang diperlukan untuk menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia.

4. Jambu Biji

Tim peneliti Universitas Indonesia (UI) dan IPB menemukan kandidat antivirus corona dari jambu biji, yang terkandung di dalam buah ini ada golongan senyawa antara lain hesperidin, ramnetin, kaemproferol, kuersetin, dan mirisetin. Dibawah kulitnya yang hijau, jambu biji memiliki banyak manfaat yang di tawarkan, untuk mengurangi resiko penyakit flu.

5. Pepaya

Kandungan 250% RDA dari vitamin C yang terdapat dalam buah pepaya ternyata dapat menjaga tubuh dari demam. Kandungan beta-karoten, vitamin C dan juga vitamin E dalam pepaya mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh dan mengurangi timbulnya asma.

6. Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, buah jeruk juga berguna sebagai anti-oksidan bagi tubuh. Jeruk juga termasuk jenis buah yang rendah kalori. Senyawa-senyawa pada jeruk tersebut bisa mengikat lebih kuat protein pada virus . hal ini akan menghambat virus untuk berkembang sehingga sangat direkomendasikan untuk menjadi obat atau bahkan mencegah virus masuk ke dalm tubuh.(***)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top