Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Cegah Radikalisme, Ini dilakukan Kodim 03/05 Pasaman

Dibaca : 80

Pasaman, Prokabar — Kodim 0305/Pasaman, melakukan pembinaan komunikasi sosial dalam rangka mencegah dan menangkal radikalisme dan separatisme di daerah itu. Dandim 0305/Pasaman, Letkol Inf Ahmad Aziz mengatakan, kegiatan ini untuk mewujudkan kesadaran tentang arti pentingnya pemahaman terhadap bahaya radikalisme dan sparatisme bagi segenap komponen bangsa.

“Agar terbentuknya komponen bangsa yang berkepribadian dan berjiwa bhineka tunggal ika, guna mendukung ketahanan wilayah yang kuat dalam rangka tetap tegak dan utuhnya NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945,” kata Dandim Ahmad.

Letkol Ahmad menjelaskan, radikalisme adalah konsep atau sikap jiwa dalam mengusung perubahan secara total dan bersifat revolusioner dengan memutar balikkan nilai-nilai yang ada secara drastis Iewat kekerasan (violence) dan aksi-aksi yang ekstrem.

Sementara separatisme sendiri adalah suatu gerakan untuk mendapatkan kedaulatan dan memisahkan diri dari wilayah suatu negara yang muncul karena alasan ketidakpuasan terhadap kebijakan pemerintah, kondisi politik, ekonomi, sosial, budaya maupun yang lain.

“Zaman sekarang radikalisme lebih mengarah kepada paham atau aliran yang menginginkan pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan, ciri-cirinya bisa kita ketahui seperti sikap intoleran, fanatik, eksklusif dan revolusioner,” ungkapnya.

Kegiatan ini difokuskan kepada seluruh jajaran yang ada di Pasaman, mulai dari anggota TNI itu sendiri, mahasiswa, ASN, organisasi masyarakat hingga pelajar. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top