Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Cegah Penyebaran Covid-19, Fakultas Teknik Unand Buat Pembersih Tangan Sistem Injak

Dibaca : 347

Padang, Prokabar – Fakultas Teknik Universitas Andalas, mempunyai semboyan Untuk Kejayaan Bangsa harus ikut bersumbangsih dengan segala upaya yang mungkin dilakukan dalam mengurangi dampak dan menurunkan penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

Hal ini diungkapkan langsung oleh guru besar fakultas Teknik Unand Prof. Dr. Ir. Abdul Hakam, Kamis,(21/5)

Abdul Hakam menjelaskan bahwa mahasiswa fakultas teknik dalam usaha memutus mata rantai penyebaran Kovid-19 di tengah-tengah masyarakat merancang dan membuat alat membersihkan tangan dengan sistem injak.

“Pembuatan alat ini dilakukan sebagai salah satu bentuk tugas dari UPT KKN Unand dengan persetujuan Dekan Fakultas Teknik,” ucapnya.

Lebih lanjut, Abdul Hakam menjelaskan dengan memanfaatkan material berupa pipa PVC (pipa air plastik) 12 inchi, 3/4 inchi dan 3 inch, alat membersihkan tangan dengan sistem injak memiliki rancangan sangat sederhana. Tatapi akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

“Alat yang digunkan untuk membuatnya hanya gergaji saja, dan untuk menyambungnya digunkan elbow yang disambungkan dengan lem pipa. Dengan bahan dan alat yang sederhana tersebut, maka apat ini dapat diproduksi/dibuat secara cepat (kurang dari 1 jam) dengan biaya yang sangat murah,” ucapnya.

Abdul Hakam menjelaskan juga bahwa pencegahan penyebaran penyakit melalui membersihkan tangan dengan hand sanitizer tanpa bilas merupakan cara yang cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Hal ini dikarenakan tangan adalah organ tubuh yang banyak digunakan untuk menyentuh, memegang, mengangkat dan aktivitas lainnya.

“Kelebihan dari alat sistem injak ini adalah tidak adanya sentuhan tangan pada semua peralatan ketika digunakan. Untuk mengeluarkan cairan pembersih, disediakan pedal injak pada bagian bawah alat. Bila pedal ini di injak, maka akan menekan kepala tabung dan cairan akan keluar. Pengguna hanya perlu menginjak sekali atau dua kali saja untuk mengeluarkan cairan yang cukup untuk membersihkan tangan dari bakteri dan virus-virus yang menempel padanya,” ucapnya.

Abdul Hakam berharap rancangan alat membersihkan tangan dengan sistem injak buatan mahasiswa teknik sipil Unand ini bisa ditempatkan di berbagai ruang publik.

“Alat ini sangat membantu jika di letakkan ditempat-tempat orang yang benyak berinteraksi pada masa PSBB ini seperti Pasar, ATM-ATM dan lain-lain,” tutupnya. (mbb)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top