Daerah

Cegah Penyakit Ispa, Puskesmas Maninjau Bagikan Masker Kepada Pelajar

Maninjau, Prokabar – Puskesmas Maninjau membagikan masker kepada 3000 orang siswa se-Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sabtu (15/9). Pembagian tersebut bertujuan mencegah pelajar mengalami gangguan pernafasan di saat kondisi kabut asap mulai mengganggu.

Perawat puskesmas Maninjau membagikan masker pada murid-murid

Perawat puskesmas Maninjau membagikan masker pada murid-murid

Dr. Syahril Gunawan selaku Tenaga Medis Puskesmas Maninjau menjelaskan kegiatan sebagai antisipasi pencegahan penyakit pernafasan pada anak-anak, terutama pelajar. “Anak-anak yang di sekolah dapat tercegah dari efek kabut asap kiriman yang semakin membahayakan. Kita takutkan anak-anak kita, tidak memakai perlindungan seperti masker, akan terjangkit yang tentunya membahayakan,” ungkapnya.

Penyakit terutama anak-anak yang sudah menderita Asma, Ispa atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut akan semakin parah bila terkena kabut asap kiriman tersebut. “Setiap puskesmas, memiliki pasien penyakit Ispa. Dan di Puskesmas Maninjau saja setiap bulannya, ada saja pasien yang datang berobat penyakit Ispa, diperkirakan mencapai 200 orang. Jika pencegahan tidak dilakukan akan menambah jumlah pasien nantinya,” terang Dr. Syahril Gunawan.

Para pelajar menggunakan masker saat belajar

Para pelajar menggunakan masker saat belajar

Kepala SMA Negeri 1 Tanjung Raya, Burma apresiasi Puskesmas Maninjau yang terjun langsung melakukan tindakan cepat. “Kita mengucapkan terimakasih kepada Puskesmas Maninjau, yang telah membagikan masker kepada anak-anak. Hal ini jelas sangat membantu pencegahan anak terserang penyakit pada anak didik kita,” tuturnya.

Pihak sekolah sendiri sebelumnya, juga telah melakukan sosialisasi agar anak didik menggunakan masker di luar ruangan. “Kondisi kabut asap sangat terlihat pekat dan sudah mulai dirasakan dampak negarifnya pada kita. Untuk itu, anak didik memang harus menggunakan pelindung, sehingga tidak terjangkit penyakit pernafasan nantinya,” pungkasnya. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top