Trending | News | Daerah | SemenPadangFC

Daerah

Cegah Korupsi, Wanag Situjuah Batua Segera MoU dengan Kapolres dan Kajari

Dibaca : 383

Limapuluh Kota, Prokabar – Beberapa pekan setelah membuat Memorandum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas (Unand) Padang, Pemerintah Nagari Situjuah Batua, Limapuluh Kota Sumbar merancang, akan segera meneken MoU pula dengan Kejaksaan dan Kepolisian terkait pencegahan kasus korupsi.

“Mohon do’anya, semoga terlaksana dalam waktu dekat,” kata Walinagari Situjuah Batua, Situjuah Limo Nagari, DV Dt Tan Marajo, usai menghadiri Rapat Lintas Sektoral yang digagas Kapolres Payakumbuh AKBP Endrastyawan Setyowibowo, Jum’at (25/5) di Aula Rupatama Mapolres.

Dikatakan Tan Marajo, MoU antara Pemerintah Nagari dengan Kapolres Payakumbuh serta Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh penting dilakukan demi mengawal semangat pemberantasan korupsi di tingkat nagari.

“Ini tentu akan memperkuat semangat penggunaan dana desa, anggaran dana desa serta dana alokasi khusus, untuk nagari yang pro rakyat dan anti korupsi,” tukuk Tan Marajo, walinagari yang dikenal low profile dan vokal itu.

Rencana penandatanganan kesepahaman bersama dalam pemberantasan dan pencegahan korupsi antara Nagari Situjuah Batua, Kepolisian dan Kejaksaan Payakumbuh nanti kata Tan Marajo, juga sejalan dengan MoU Pemkab Limapuluh Kota dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebelummya, Pemkab Limapuluh Kota tercatat sebagai daerah binaan KPK dalam pencegahan korupsi serta pencegahan gratifikasi.

Kapolres Payakumbuh AKBP Endrastyawan Setyowibowo menyambut baik, semangat Walinagari Situjuah Batua dalam menangkal kasus korupsi di tingkat nagari. “Iya, bagus itu. Kita dukung,” kata Kapolres asal Solo tersebut, mengapresiasi.

Terpisah, mantan penyidik KPK, AKBP Bagus Suropratomo menyebut, pencegahan kasus korupsi mesti dilakukan dari hulu ke hilir. Bekas Kapolres 50 Kota ini mengaku, mendukung langkah Pemnag Situjuah Batua yang berencana akan melakukan MoU dengan Kepolisian dan Kejaksaan.

Dukungan serupa juga disampaikan Hakim Agung Republik Indonesia Irfan Fachrudin. Putra dari pejuang Fachrudin HS itu mengaku, semangat Pemnag Situjuah Batua bisa menjadi role model bagi nagari dan desa lain di Tanah Air. “Kita dukung,” kata dia.

SINERGITAS
Sebelumnya, dalam rapat lintas sektoral di Mapolres Payakumbuh,
Kapolres AKBP Endrastyawan Setyowibowo meminta Babhinkambtimas di jajaran Polres Payakumbuh dan Babinsa di jajaran Kodim 0306/50 Kota, untuk bersinergi menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya masing-masing.

Rapat koordinasi lintas sektoral, juga dihadiri Dandim 0306/50 Letkol Kav Solikhin S.Sos, MM, Wakapolres. Kompol Eddisra dan Kabagops Kompol Basrial.

Selain membicarakan pentingnya peranan Babhinkambtimas di jajaran Polres Payakumbuh dan Babinsa di jajaran Kodim 0306/50 Kota untuk bersinergi menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya masing-masing, juga diungkapkan pentingnya pengawasan secara bersama-sama mengatasi munculnya gangguan dari paham-paham radikal dan radikalisme serta waspada dan ancaman teroris. (Vbm)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
Tirto.ID
Loading...
To Top