Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Cegah DBD, UPTD Puskesmas Lubuk Sikaping Turun Tangan

Dibaca : 213

Pasaman, Prokabar — UPTD Puskesmas Lubuk Sikaping, mengajak masyarakat turut serta melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Upaya tersebut untuk mencegah mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala UPTD Puskesmas Lubuk Sikaping, Fitri D mengatakan, masyarakat harus pro aktif melakukan PSN, pasalnya saat ini sudah memasuki musim pancaroba. Penyakit ini cenderung meningkat disaat musim penghujan tiba.

“Oleh karena itu kita harus waspada terhadap penyakit DBD ini. Kita meminta masyarakat agar mewaspadai penyebaran penyakit berbahaya ini,” ujar Fitri saat dihubungi, Kamis (23/7).

DBD, kata istri Kadis DPPKB ini bisa dicegah dengan PSN 3M plus yaitu, mengubur barang bekas, menutup dan menguras tempat penampungan air ditambah plusnya tidak menggantung pakaian. Selain itu, tidur menggunakan kelambu atau lotion anti nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, dan menanam tanaman anti nyamuk.

“Mari kita berantas sarang nyamuk DBD, lakukan PSN dengan 3M plus di rumah masing-masing,” katanya.

Agar tidak menjadi pandemi, jajaran pemerintahan nagari juga dilibatkan dalam kegiatan pemberantasan sarang nyamuk di wilayah kecamatan Lubuksikaping. “Salah satunya, seperti yang kita lakukan di Koto Dalam, Jorong Tanjung Alai Nagari Pauah, Rabu pagi tadi,” ujarnya.

Mantan Kepala Puskesmas Sundatar ini menghimbau agar masyarakat memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan baik di rumah maupun lingkungan sekitar. Serta terus menerapkan program 3M.

“Selain menggelar gerakan serentak PSN di rumah- rumah warga, kita (Puskesmas) juga memberikan pelayanan fogging,” katanya.

Lanjut Fitri, fogging bukan lah solusi terbaik, karena hanya akan membunuh serta mengusir nyamuk dewasa. Yang paling utama adalah melaksanakan PSN seminggu sekali di setiap rumah selama musim hujan. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top