Budaya

Cantiknya Pakaian Adat Salingka Tanah Datar

Tanah Datar, Prokabar — 29 pakaian adat salingka Nagari se Kabupaten Tanah Datar dipamerkan di gedung LKAAM Batusangkar, kamis (12/7).  Berbagai macam pakaian adat yang dipamerkan mulai dari pakaian anak daro, pakaian manjalang bako hingga pakaian sewaktu manjanguak.

Pameran baju tradisional ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan nilai budaya adat Minangkabau, khususnya di Kabupaten Tanah Datar. Selain itu, setiap penampilan, akan dikirim ke Dinas Pariwisata Sumatera Barat untuk dipilih mengikuti pergelaran 600 pakaian adat Minangkabau se Sumatera Barat.

“Pergelaran berbagai pakaian adat ini adalah rangkaian acara pertemuan bulanan Bundo Kanduang yang baru pertama kalinya dilaksanakan. Acara ini pun sebagai bentuk upaya melestarikan nilai budaya Minangkabau,” ujar Emi Irdinansyah, ketua TP PKK Tanah Datar.

Ketua Bundo Kanduang Tanah Datar Gusna Wilis menambahakan bahwa acara tersebut terlaksana berkat kerja sama seluruh unsur pengurus organisasi Bundo Kanduang Tanah Datar.

“Sesuai dengan anjuran dari surat permintaan ketua pengurus Bundo Kanduang Sumatera Barat yang mana setiap Kabupaten/Kota diwajibkan melaksanakan pagelaran pakaian adat salingka nagari di masing-masing daerah,” ujar Gusna Wilis. (eym)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top