Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Cabjari Agam Maninjau: Kenali Hukum, Jauhi Hukuman!

Dibaca : 197

Maninjau, Prokabar — Kepala Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Agam, Oktariadi Kurniawan memberikan materi terkait penerangan hukum kepada perangkat dan Walinagari Se-Kecamatan Tanjung Raya, Senin lalu (15/2). Sosialisasi digelar dalam Aula Kantor Camat Tanjung Raya.

Oktriadi Kurniawan, menjelaskan agar tidak bermasalah dengan hukum, penting dilakukan sosialisasi dan penerangan kepada pejabat pengambil kebijakan. Dan program tersebut salah satu program dari Kejaksaan RI.

“Ada dua program yang dilaksanakan oleh Kejari. Pertama program Jaksa masuk sekolah dan kedua, penerangan hukum kepada aparat pemerintah,” ungkapnya.

“Kenali Hukum, Jauhi Hukuman,” tuturnya. Bertujuan supaya aparat Pemerintah Nagari-Kecamatan dapat memahami hukum yang berlaku serta paham dengan konsekuensi jika melanggar hukum.

“Sosialisasi ini bukan untuk menakut-nakuti. Tetapi agar aparat pemerintah itu selalu berhati-hati dalam mengelola keuangan negara dan daerah. Serta tidak asal cair dalam penggunaannya,” terangnya.

Kantor Kejaksaan memiliki JPN atau Jaksa Pengacara Negara. Oleh karena itu, baik Pemerintah Nagari, Daerah, BUMN-BUMD, dan lembaga lainnya bisa berkonsultasi ke Kejaksaan jika menemui permasalahan selama mengelola keuangan negara. Seluruh permasalahan-permasalahan konsekuensinya akan bermuara ke permasalahan hukum.

“Masalah pengelolaan keuangan, proyek, dan lainnya bisa dikonsultasikan ke Kejaksaan. Kemudian nantinya tim JPN akan menelaah dan mencarikan solusinya,” ujar Oktriadi Kurniawan.

Camat Tanjung Raya, Handria Asmi menyambut baik kegiatan sosialisasi hukum tersebut. Ia menilai kegiatan ini sangat positif, sehingga para tamu undangan baik Walinagari maupun perangkat Nagari dapat mempedomani pengetahuan tentang hukum.

Ia menyebut, tahun ini dijadwalkan akan digelar Musrenbang tingkat Kecamatan. Oleh karena itu, dalam sosialisasi tadi, pemateri menyoroti tentang proses perencanaan pembangunan di Nagari, dan sistem pengelolaan keuangan Nagari.

“Jangan sampai kita sebagai pelayan masyarakat, tetapi kita pula yang berbenturan dengan hukum. Maka dari itu, saya berharap hal tersebut tidak terjadi,” ujarnya

Handria Asmi mengucapkan terimakasih kepada Cabjari Maninjau dan unsur terkait yang telah mengikuti kegiatan sosialisasi. “Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan menjadi pedoman bagi kita, sehingga tujuan untuk membangun Nagari bisa terlaksana dengan baik, dan terhindar dari permasalahan hukum,” tutupnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top