Daerah

Bupati Pessel, Intruksikan Disnakertrans Beri Pelatihan Petani Gambir

Pessel, Prokabar – Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Hendrajoni mengintruksikan agar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat di Kampung Ampalu, Nagari Gantiang Mudiak Selatan Surantih, Kecamatan Sutra terkait pengolahan Gambir di daerah itu.

“Hal ini seiring rencana Pemkab Pessel untuk mendirikan perusahaan pengolahan Gambir di daerah ini. Sehingga harga Gambir bisa bersaing bebas di pasaran dunia,” katanya.

Menurut Bupati Hendrajoni, rencana tersebut seiring harga Gambir yang selama ini terus anjlok di daerah itu, dikarenakan kualitas Gambir yang sering di campur tanpa diolah dulu menjadi bahan setengah jadi.

“Sebelumnya hal ini sudah kami bahas bersama 5 kementerian di Jakarta. Termasuk Kementrian Pertanian. Beliau menyarankan agar daerah kita mendirikan sebuah pabrik pengolah Gambir di Pessel,” ujarnya.

Ia menambahkan, pendirian pabrik pengolah Gambir bakal direncanakan di Nagari Lumpo, sebab daerah tersebut juga memiliki kerajinan tangan home industri Batik Lumpo yang bahan dasarnya nanti memakai minyak Gambir.

Selain itu, hal tersebut guna menangkal harga Gambir yang selama ini terus-menerus merosot di daerah itu.

“Prosesnya nanti, Gambir ini diolah dulu menjadi bahan setengah jadi, setelah itu baru di jual ke pasaran. Sebab, di Negara India sana, mereka sangat butuh sekali Gambir,” ujarnya.

Disisi lain, Bupati Hendrajoni mengucapkan terimakasih banyak kepada masyarakat yang selama ini sudah mendukung program pemerintah daerah.

Bupati menginginkan usai Pemilu 2019 ini, jangan adalagi perselisihan dan perpecahan ditengah masyarakat, semua masyarakat harus kompak untuk kemajuan yang lebih baik kedepan.

“Perbedaan itu hal yang wajar. Sebab, kita ini negara demokrasi. Namun, jadikan itu hal positif. Sekarang yang kita pikirkan bagaimana harga Gambir ini bisa naik dan mampu bersaing di pasar internasional. Jangan berfikir yang macam-macam lagi,” tutupnya,(min)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top