Daerah

Bupati Eka Putra : Cuaca Ekstrim, Warga Mesti Waspada

Atap rumah warga berterbangan dilanda angin kencang di Tanah Datar.

Dibaca : 141

Tanah Datar, Prokabar – Menyikapi cuaca ekstrem yang melanda Luhak Nan Tuo sejak Rabu (31/3), Bupati Tanah Datar Eka Putra menghimbau seluruh masyarakat untuk waspada.

“Kepada seluruh masyarakat saya mengimbau mewaspadai cuaca ekstrem yang melanda Tanah Datar beberapa waktu belakangan. Periksa pohon-pohon yang berpotensi tumbang dan menimpa rumah,” ujar Eka Putra, Kamis (1/4).

Eka juga juga meminta Satgas PB Nagari untuk turun dan mengantisipasi segala kemungkinan bencana. Jika ada bencana segera turun dan koordinasi dengan BPBD Tanah Datar. Selain itu, Wali Nagari, camat, dan tim reaksi cepat BPBD untuk senantiasa siaga.

“Sama-sama kita berdoa semoga cuaca ekstrem ini cepat berlalu,” tambahnya.

Angin kencang melanda sejak Rabu (31/3) mengakibatkan sejumlah kerusakan bagunan hunian dan fasilitas umum. Satu orang warga juga tertimpa pohon tumbang di Kecamatan Batipuh Selatan.

Warga membersihkan rumahnya usai atapnya berterbangan dilanda angin kencang.

Berdasarkan data BPBD Tanah Datar, kerusakan yang terjadi akibat peristiwa ini tersebar di beberapa kecamatan seperti, di X Koto, Batipuh, Batipuh Selatan, Salimpaung, Sungai Tarab, Pariangan, Lima Kaum dan Tanjung Emas, serta Tanjung Baru.

Saat ini, BPBD tengah melakukan penanganan dan pendataan terhadap kerusakan yang terjadi.

“Iya terjadi berbagai kerusakan terhadap pemukiman warga, dan pohon tumbang. Saat ini, petugas bersama satgas nagari, serta kepolisian tengah melakukan penanganan terhadap musibah ini,” ungkap Tamrim Basroel, saat dihubungi melalui sambungan telpon, Kamis (1/4). (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top