Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Bupati Agam Dorong Kenagarian Dirikan Isolasi Mandiri Untuk Pasien Covid-19

Dibaca : 203

Agam, Prokabar — Meningkatnya penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Agam membuat Pemerintah Kabupaten kembali gencar melakukan inovasi edukasi. Setelah membangun shelter isolasi mandiri di RSUD Lubuk Basung, bekas SD Bertingkat dan BLT Sungai Jariang, seluruh kenagarian di Kabupaten Agam juga diminta mendirikan Shelter isolasi warga terpapar Covid-19.

Bupati Agam, Dr. Indra Catri menjelaskan kecolongan terjadi di masa News Normal, warga menganggap kembali normal padahal tidak. Melainkan masuk pada tatanan sosial kehidupan baru. Yakni menjalankan 3 M yaitu menjaga jarak, menggunakan masker dan rajin mencuci tangan.

“Warga agam positif covid-19 meningkat, kecolongan dan terbanyak di klaster pesta pernikahan, serta perantau pulang kampung. Akibatnya, sejumlah rumah sakit rujukan penanganan covid-19 tidak mampu lagi menampung pasien ini,” ungkap Bupati Agam, Indra Catri.

Sehubungan itu dibutuhkan peranan semua masyarakat dan pemerintahan nagari, untuk berinovasi. Menyediakan tempat khusus isolasi mandiri bagi warganya terpapar Covid-19.

Bupati Agam menambahkan, Covid-19 sangatlah nyata adanya. Dan tidak bisa dianggap enteng dan disepelekan begitu saja. Masyarakat harus peduli, bersama melawan wabah pandemi ini. “Basamo mangko manjadi. Kito buat dan sediakan isolasi mandiri, kito bergotong royong mengantarkan makanan untuk dusanak kito. Peran ini menyelamatkan anak kemenakan kita, tagak kampuang jago nagari jan binaso,” paparnya.

Kondisi ini harus dilakukan bersama dan hanya bisa secara bersama-sama. Karena kondisi keadaanlah yang membuat seperti ini. “Jangan sampai persoalan ekonomi dan pendidikan semakin parah. Khusus petani tetap harus kita lindungi. Jangan sampai sektor pangan ikut anjlok pula,” ajaknya.

Untuk saat ini, Pemerintah Kabupaten Agam telah membuat isolasi mandiri di tiga titik. Pertama di RSUD Lubuk Basung, Bekas SD Bertingkat dan BLK Sungai Jariang. Sedangkan isolasi yang sudah dikunjungi Bupati Agam baru di Nagari Pasia Laweh, Palupuah dan Nagari Ampang Gadang, IV Angkek. “Kita harapkan setiap nagari juga memiliki tempat isolasi mandiri untuk warganya yang terpapar. Karena kondisi penampuang sudah mulai penuh. Peranan semua pihak harus terus digerakan,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top