Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Bunga Rafflesia kembali Mekar di Tanjung Raya

Dibaca : 563

Agam, Prokabar — Bunga Rafflesia Arnoldii terpantau kembali mekar sempurna di daerah Data Simpang Dingin, Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, akhir pekan lalu.

Bunga langka tersebut terpantau mekar sempurna ketika seorang pengunjung Riyan dan kawan-kawan mengunjungi lokasi itu. Sebelumnya, Rabu (13/01), tim Resor KSDA Agam telah melakukan monitoring ke lokasi dan menemukan knop yang akan mekar pada hari Jumat (15/01).

“Mekarnya bunga langka di nagari Paninjauan ini bersamaan dengan bunga jenis yang sama di Cagar Alam Batang Palupuh kabupaten Agam di awal tahun 2021,” ungkap Kepala BKSDA Sumbar Resor Agam, Ade Putra.

Untuk diketahui lanjut Ade, seluruh jenis dari tumbuhan bunga rafflesia termasuk dalam jenis dilindungi sesuai dengan peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor:P.108 tahun 2018 dan sesuai Pasal 21 ayat 1 UURI NOMOR 5 TAHUN 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya:

“Setiap orang dilarang untuk, a. mengambil, menebang, memiliki, merusak, memusnahkan, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan tumbuhan yang dilindungi atau bagian-bagiannya dalam keadaan hidup atau mati. b. mengeluarkan tumbuhan yang dilindungi atau bagian-bagiannya dalam keadaan hidup atau mati dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau di luar Indonesia. Sanksinya sesuai Pasal 40 ayat 2 adalah pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah),” tutup Kepala BKSDA Resor Agam tersebut. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top