Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

BUMNag Panampuang Saiyo Promosikan Pinjaik Patah di Pesta Pulau Penang

Dibaca : 791

Penang, Prokabar – Badan Usaha Milik Nagari atau yang biasa disebut BUMNag/BUMDesa adalah sebuah Lembaga ekonomi desa yang dibentuk untuk bisa meningkatkan ekonomi masyarakat desa yang ada di setiap Desa atau Nagari, tak terkecuali Nagari Panampuang juga memiliki Badan Usaha tersebut yang diberi nama dengan BUMNag Panampuang Saiyo, saat ini BUMNag Panampuang Saiyo sangat intens mengelola potensi produk unggulan Nagari Panampuang yaitu Sulaman Tarawang Pinjaik Patah.

Salah satu langkah mempromosikan sulaman Tarawang Pinjaik Patah tersebut adalah mempromosikan lewat Rumah Galeri Pinjaik Patah dan sistim Online. Kemudia  BUMNag Panampuang juga aktif mengikuti pameran dan expo. Setelah sebelumnya Pinjaik Patah hadir dan ambil bagian di Sail Nias Expo di Pulai Nias Sumatera Utara beberapa waktu lalu, kali ini Pinjaik Patah hadir Pesta Pulau Penang Malaysia.

Kehadiran BUMNag Panampuang Saiyo di Pesta Pulai Penang Negara Malaysia ini difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Asisten II Pemprov Sumbar bidang Pembangunan dan Perekonomian Ir.H Benni Warlis, MM menjelaskan Pesta Pulang Penang ini adalah agenda tahunan setiap akhir tahun yang dilaksanakan di Negara Malaysia, dan setiap tahun Pemerintah Sumbar selaku ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

“Kitaa punya Rumah Gadang didaerah tersebut dan sekaligus akan dijadikan tempat stand pemajangan dan promosi produk UMKM yang berasal dari Sumatera Barat yang kita fasilitasi mengikuti Pesta Pulau Penang tersebut, UMKM yang kita fasilitasi berasal dari seluruh Kabupaten Kota yang ada di Sumatera Barat termasuk BUMNag Panampuang Saiyo dengan Pinjaik Patahnya,” jelasnya.

Walinagari Panampuang Zulhendra, S.HI sangat bergembira dengan fasilitasi yang diberikan oleh Pemerintah Provinsinya Sumatera Barat dan kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Sumbar kepada BUMNag Panampuang Saiyo untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Ini adalah ajang bagi kami untuk memperkenalkan dan mempromosikan Sulaman Tarawang yang diberi ikon Pinjaik Patah sebagai Produk Unggulan Nagari Panampuang yang akan dijadikan sebagai One Village One Product (OVOP),” ujar Walinagari yang didampingi oleh Ketua BUMNag Panampuang Saiyo Alwasman Musnir.

Kegiatan pesta Pulau Penang ini dilaksanakannya selama satu bulan penuh yang dimulai awal Desember ini, dalam kesempatan ini BUMNag Panampuang Saiyo mempromosikan hasil olahan Tarawang Pinjaik Patah berupa Jilbab, Mukena, Baju, Rajutan dan lain sebagainya.(rls)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top