Daerah

Bulan Tampak, Jemaah Syattariah Mulai Puasa Besok


Padang Pariaman, Prokabar – Jemaah Syattariyah Se-Sumatera Barat melaksanakan tradisi Maniliak Bulan di Tepi Pantai Ulakan, Kamis (16/5) petang.
Bulan terlihat sudah. Taraweh dimulai dan Jumat besok mereka mulai puasa. Mayoritas umat Islam mulai puasa tadi, sedang jemaah Naqasabandi puasa mulai Rabu.

Baca Juga :  Mau Naik Gunung Kerinci? Kuota 50 Orang Sehari

Di Sumbar terbanyak beraliran Tarbiyah dan Muhammadiyah.

Jemaah Syattariyah sari berbagai perwakilan, seperti dari Padang Panjang, Sijunjung, Bukittinggi, Solok, Agam, Tanah Datar, Pesisir Selatan dan Padang Pariaman berdatangan ke lokasi.

Dari hasil pantauan, bulan terlihat jelas dan menandakan Ramadhan sudah masuk. Artinya, sekarang jemaah Syatariah sudah bisa melaksanakan tarawih dan berpuasa esok hari.

Baca Juga :  Ini Jalur Masuk Petasan ke Pasaman

Ali Imbran Tuangku Bagindo Qadhi, Tokoh Syatariah di Padang Pariaman memimpin kegiatan Maniliak Bulan tersebut. Menurutnya, ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW, melihat bulan itu dilakukan dengan mata terlanjang.

Kegiatan sudah menjadi tradisi turun temurun. Metode memakai hitungan Taqwin Qamayiah, yaitu hitungan berdasarkan tahunan.
“Setelah melihat bulan dengan jelas senja ini, maka kami Jemaah Syattariah sudah dapat melaksanakan ibadah tarawih malam ini, dan berpuasa esok hari,” kata Ali Imbran. (rud)

Berani Komen Itu Baik

To Top