Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Bukit Gadang Salimpaung Potensi Paralayang Sumatera Barat

Dibaca : 508

Tanah Datar, Prokabar – Panorama Bukit Gadang Jorong Nan IX Nagari Salimpaung. Kabupaten Tanah Datar memiliki potensi dalam pengembangan aero sport paralayang. Selain memiliki potensi, keindahan alam yang ditawarkan juga menjanjikan untuk menyalurkan hobi.

Atlet senior sekaligus pelatih paralayang Kabupaten Solok Aldi Mustika mengatakan Panorama Bukit Gadang sudah lama dicari dan tidak mengecewakan. Dalam uji terbang yang dilakukan, ia juga memboyong klub paralayang Alang Parapente asal Saningbaka Kabupaten Solok serta penghobi paralayang lainnya dari Lima Puluh Kota dan Padang.

“Bukit Gadang tempat ini unik, istimewa dan menantang penerbang yang suka cross country (lintas alam), uniknya karena potensi pembentukan thermal cocok untuk melakukan aktifitas terbang cross country, tantangannya karena tempat ini punya potensi thermicnya bagus,” urainya lagi.

Ditambahkan Aldi kedatangannya untuk melakukan tes uji terbang lokasi baru sekaligus menilai dan bisa memberikan masukan kepada pemuda setempat untuk pengembangan pariwisata paralayang.

“Masyarakat di sini sangat antusias menjadikan puncak panorama Bukit Gadang sebagai bukit paralayang tetapi perlu diingat tidak boleh merusak lingkungan yang sudah ada,” ucap Aldi lagi.

Aldi berharap Tanah Datar bisa memajukan wisata paralayang sebagai wisata tambahan yang bisa menghidupkan perekonomian masyarakat.

“Semoga potensi wisata paralayang bisa berkembang di Tanah Datar dan putra putri daerah bisa juga menekuni olahraga ini,” harapnya.

Aldi juga mengakui Tanah Datar punya potensi untuk berkembang karena banyak daerah yang bisa dikembangkan untuk wisata paralayang seperti Puncak Aua Sarumpun, Puncak Malalo dan Bukit Gadang.

Salah seorang penerbang Reymond asal Kabupaten Lima Puluh Kota juga menuturkan pengalaman saat terbang di atas Bukit Gadang.

“Sungguh menyenangkan, tadi bisa terbang sekitar 30 menit, dapat angin yang sedikit berisi serta pantulan angin dari dinding bukit sehingga membuat parasut semakin naik,” ucap Reymon yang sudah menekuni olahraga ini 5 tahun terakhir. (eym)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top