Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

BPS Pessel turunkan 581 Petugas untuk Sukseskan Sensus Penduduk

Dibaca : 366

Pesisir Selatan, Prokabar — Untuk menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pessel akan menurunkan 581 petugas ke lapangan.

“Petugas tersebut direkrut dari nagari masing-masing pada April, dan kemudian dilatih terlebih dahulu pada Juni,” kata Kepala BPS Pessel, Yudi Yos Elvin di Painan, Pessel, dilansir Prokabar dari MC Pessel, Jumat (14/2).

Dia menerangkan, untuk sensus penduduk oniline secara mandiri bisa melalui alamat weabsite resmi BPS di sensus.bps.go.id, mulai 15 Februari – 31 Maret 2020, dan bagi penduduk yang belum melakukan sensus secara mandiri akan didata pada periode sensus penduduk wawancara pada 1-31 Juli 2020.

Yudi mengatakan, sensus penduduk bertujuan untuk mengetahui jumlah penduduk yang berdomisili di wilayah administrasi terkecil, dari tingkat kabupaten, kecamatan dan nagari, penguatan data administrasi, evaluasi pengembangunan RPJMD dan SDGs dan perencanaan di berbagai bidang.

“Kita berharap melalui Sensus Penduduk Online dan Langsung, kita semua bisa dipastikan bahwa kita semua dan keluarga sudah tercatat,” kata Kepala BPS Pessel.

Lebih lanjut menurut dia, Sensus Penduduk kali ini, dilakukan dengan dua cara, yaitu sensus penduduk Online,  pengisian data secara online melalui link sensus.bps.go.id  yang dapat diakses melalui smartphone, laptop dan komputer, dan sensus penduduk secara langsung (Juli 2020), yaitu pendataan penduduk satu persatu secara langsung dengan metode wawancara dari rumah ke rumah “door to door”. (*)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top