Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

BPBD Agam Terima Bantuan Alat Warning Receinver Sistem New Generasion BMKG

Dibaca : 345

Agam, Prokabar – BMKG Padang Panjang menyerahkan bantuan alat Warning Receinver Sistem New Generasion kepada BPBD Kabupaten Agam, Senin (27/7). Penyerahan alat itu diterima Kalaksa BPBD Agam, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Syafrizal.

“Hal ini berkat terjalinnya kerjasama antara BMKG Padang Panjang dengan BPBD Kabupaten Agam. Dan jelas, alat ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan percepatan informasi sistem terkait penanganan di Kabupaten Agam,” ungkap Syafrizal.

Agam sangat rawan dengan bencana alam, karena daerah paling lengkap geografisnya. “Ada danau, laut, tebing, ngarai, gunung, perbukitan, lembah dan sebagainya. Untuk itu harus lebih siap dari SDM dan Sarana Prasarana atau perlengkapan canggih lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Fajar Dwi Prasetyo Kasi Observasi BPBD Agam mengatakan, semoga alat ini bisa menunjang kerja BPBD dalam pemberian informasi. Pada kesempatan ini Kabid KL lansung membuka pelatihan Warning Receiver System di Mako BPBD Kabupaten Agam, Senin (27/7).

Kegiatan diikuti Satgas TRC PB dan Pusdalops PB BPBD Agam. Tujuan pelatihan ini sebagai pengenalan Alat Warning Receiver System New Generation. Alat ini sebagai Wadah penyelebarluasan informasi Gempa Bumi dan peringatan dini Tsunami. Memberikan informasi gempa secara lebih cepat karena bersifat “real time” otomatis dari BMKG.

“Semoga kedepan alat ini dapat berguna, sebagai media penyebaran luas informasi Gempa Bumi dan peringatan Tsunami di Wilayah Kabupaten Agam. Agar tidak ada keresahan masyarakat tentang banyaknya informasi simpang siur apabila terjadinya gempa bumi atau Tsunami,” pungkasnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top