Daerah

BPBD Agam Bersihkan Material Longsor Malalak Hingga Larut Malam

Agam, Prokabar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Agam bersibaku hingga larut malam, membersihkan badan jalan yang terkena longsor di Cimpago Hulu Banda, Birah Tinggi, Jorong Jalan Bantiang Selatan, Nagari Malalak Barat, Kecamatan Malalak, Agam, Sumbar, Selasa (25/9).

Kejadian berawal senin siang (24/9) dengan hujan lebat disertai angin kencang pada saat itu. Hingga sore harinya, jalan penghubung Kabupaten Agam dengan Kabupaten Padang Pariaman tersebut di landa longsor di empat titik di daerah tersebut. Bahkan satu rumah warga sempat dilanda luapan air sungai. Beruntuk bangunan rumah cukup kuat dan hanya merusak seisi rumah pemiliknya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam, Wahyu Bestari menyebutkan petugasnya sudah menuju lokasi dan akan menuntaskan pembersihan hingga jalan dihuni 200 jiwa tersebut tidak telisolir.

“4 titik longsor tersebut sempat tidak dilalui mobil. Sedangkan untuk kendaraan bermotor bisa dilalui harus bantuan warga dengan didorong. Karena badan jalan tertutup tanah liat perbukitan itu. Warga dengan ramah dan baik hati, membantu pengendara melintasi jalur tersebut,” ungkapnya.

Ia melanjutkan petugas bekerja dari siang hingga larut malam membersihkan material tersebut. “Curah hujan di sana masih tinggi dan butuh ekstra hati-hati mengingat kondisi tanah yang masih labil. Meski demikian, petugas kami akhirnya berhasil membersihkan material hingga pukul 20.25 WIB. Jalan kembali normal dilalui warga,” tutupnya. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top