Daerah

BNPB Pusat Tinjau Kerusakan Akibat Bencana Banjir Di Padang Pariaman

Padang Pariaman, Prokabar – Bencana Banjir yang melandan Sungai Limau akibat rusaknya sejumlah saluran irigasi dan bendungan di Hulu Sungai Geringging mendapat tanggapan dari BNPB Pusat ke Padang Pariaman, beberapa waktu lalu. Tim Kedeputian Kedaruratan BNPB Jakarta dipimpin Budi Herwanto bersama BPBD Provinsi Sumatra Barat dan Tim UPT BNPB Wilayah Sumatra melakukan surve langsung ke sejumlah lokasi.

“Mereka menindalanjut laporan kita dari Pemerintah Padang Pariaman, adanya bencana besar yang melanda daerah kita. Dan sangat penting melakukan tindakan, agar tidak kembali menimbulkan bencana lanjutan,” ungkap Kalak BPBD Padang Pariaman, Budi Mulya kepada Prokabar.com, Jumat (14/6) kemarin.

Tidak hanya itu, Kepala balai Wilayah Sungai Sumatra (BWSS) V Kementerian PUPR, Maryadi juga menanggapi serius Pemerintah Padang Pariaman. “Setelah sehari melakukan peninjauan ke lapangan dengan Bupati Padang Pariaman, langsung mengadakan rapat bersama Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V kementrian PUPR di kantor BWSS V Padang. Rapat langsung dipimpin oleh Kepala BWSS V, Maryadi beserta jajaran,” tuturnya.

Rapat membahas penanganan aliran batang sungai yang meluap sehingga menyebabkan bencana banjir setiap hujan lebat di wilayah Kecamatan Sungai Limau. Sementara di Kecamatan Sungai Geringging, bendungan dan irigasi rusak, membuat petani sulit mengaliri sawahnya.

“Pihak BWSS V akan membantu penanganan aliran batang sungai tersebut baik secara darurat maupun secara permanen. Semoga penanganan dari pihak BWSS V kementrian PUPR ini akan mengurangi dampak resiko bencana banjir ke depannya di wilayah Kabupaten Padang Pariaman,”pungkasnya. (rud)

Berani Komen Itu Baik
Loading...
To Top