Daerah

BKSDA Sumbar Amankan Macan Dahan Di 50 Kota

Dibaca : 461

Limapuluh Kota, Prokabar — BKSDA Sumatera Barat melalui Seksi Konservasi Wilayah I melaksanakan evakuasi satwa langka dan dilindungi jenis Macan Dahan (neofelis diardi diardi) di Nagari Tanjuang Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Jumat (5/3).

Satwa tersebut masuk perangkap dipasang BKSDA, setelah hasil wawancara saksi mata dan identifikasi lapangan terhadap adanya serangan satwa liar kepada ternak warga setempat, Kamis (4/3).

“Satwa berjenis kelamin jantan itu kami evakuasi bersama pihak pemerintahan dan warga setempat. Dari hasil observasi satwa, kami nyatakan sehat dan tidak terdapat luka. Sehingga layak untuk dilepasliarkan kembali. Selanjutnya, satwa dibawa itu kami dilepasliarkan kembali di salah satu kawasan Hutan Konservasi,” terang Khairi Ramadhan, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Provinsi Sumatera Barat, kepada Prokabar.com, Jumat (5/3).

Sebelumnya BKSDA mendapatkan laporan dari pemerintah nagari setempat tentang adanya 5 ekor ternak kambing warga terluka akibat serangan satwa liar. Laporan itu langsung direspon dengan melakukan pemasangan perangkap, hingga Macan Dahan itu masuk jebakan.

“Kami menghimbau kepada semua masyarakat untuk dapat melaporkan segala bentuk temuan adanya satwa yang berkeliaran di wilayahnya. Berharap proses pencegahan dan evakuasi terhadap satwa dilindungi, dapat sesuai prosedur yang berlaku,” tutupnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top