Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

BKSDA Pasang Perangkap Evakuasi di Kawasan Kelok 44, Ada Apa?

Dibaca : 171

Agam, Prokabar — Beruang Madu kembali muncul di kawasan Kelok 44, tepatnya di Kubuak Jorong Kuok Tigo Koto, Nagari Matur Mudiak Kecamatan Matur, Agam akhir pekan lalu. Satwa langka itu terlihat oleh salah seorang warga saat mengambil buah Durian.

Novrizal (28), warga setempat menceritakan satwa langka itu sedang berada di atas batang durian yang sedang berbuah. Melihat ada warga, beruang tersebut bergegas turun dari batang dan berlari ke arah sawah di sekitar lokasi. Selanjutnya, ia memberitahukan kepada warga lainnya untuk tidak melintas di lokasi itu.

Warga juga melaporkan kejadian itu kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam. “Berdasarkan hasil identifikasi dan keterangan saksi mata, kami dari Tim BKSDA memutuskan memasang perangkap. Bertujuan untuk mengevakuasi satwa yang diduga masih berada di sekitar pemukiman warga itu,” ungkap Ade Putra, Kepala BKSDA Resor Agam, Senin (16/11).

Ade melanjutkan, sebelumnya Walinagari Matur Mudiak juga melaporkan kemunculan keberadaan satwa beruang di Kampung Ambalau Jorong Sidang Tangah. “Berdasarkan jejak, cakaran dan keterangan warga, satwa itu sama dengan beruang yang muncul di lokasi kelok 35 nagari Matur Mudiak Kecamatan Matur, Agam, Minggu (05/10) lalu. Video kemunculannya sempat viral di media sosial pada waktu itu.

Pemasangan perangkap untuk 7 hari ke depan. Dengan umpan berupa buah nangka dan durian. Dan akan terus dipantau oleh Tim BKSDA setiap harinya. “Kami menghimbau kepada warga agar dapat berhati-hati dan waspada ketika beraktivitas di ladang ataupun di sawah. Terutama di beberapa lokasi penampakan kemuncukan Beruang Madu itu,” tutupnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top