Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

BKSDA Lakukan Patroli Perlindungan dan Pengamanan Kawasan Konservasi

Dibaca : 156

Agam, Prokabar – Jajaran Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam melaksanakan patroli ke Kawasan Cagar Alam Maninjau dan sekitarnya. Giat itu upaya rangka pengecekan informasi dan laporan dari masyarakat tentang adanya aktivitas penebangan pohon di nagari Tanjung Sani kecamatan Tanjung Raya, Rabu (10/02).

“Berdasarkan hasil patroli, ditemukan 4 orang warga sedang mengolah kayu yang sudah ditebang. Terdiri dari jenis Bayur, Surian dan Durian. Selanjutnya hasil pengambilan titik koordinat menunjukan lokasi penebangan pohon berada di luar kawasan hutan Cagar Alam Maninjau,” ungkap Ade Putra, Kepala Resor BKSDA Agam, Kamis siang (11/2).

Terhadap warga tersebut Tim BKSDA tetap memberi himbauan untuk lebih memperhatikan kondisi topografi penebangan pohon. Terutama pada lokasi kemiringan rawan longsor. Selanjutnya tim berkoordinasi dengan Wali Nagari Tanjung Sani.

“Kami menghimbau seluruh masyarakat yang berada di perbukitan maupun di pergunungan untuk tetap waspada. Apalagi melakukan penebangan kayu di daerah lereng bukit. Bencana longsor atau banjir bandang akan terjadi, bila tidak dijaga kelestarian alam atau hutan,” terang Ade.

Sebelumnya, pada hari Rabu (10/02) Resor KSDA Agam mendapatkan informasi dan laporan dari warga setempat tentang adanya aktivitas penebangan pohon di lokasi rawan longsor dan diduga berada dalam kawasan Cagar Alam Maninjau. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top