Daerah

Besok, Puspa Iptek Digelar di Museum Adityawarman

Padang, Prokabar — Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia akan menggelar Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspa Iptek) Sumatera Barat (Sumbar). Kegiatan ini akan resmi dibuka besok, Selasa (27/11) di Museum Adityawarman, Padang. 

Rencananya peresmian akan dilakukan langsung oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Hal tersebut diungkapkan Kepala Divisi Program Pusat Peragaan Iptek Kemenristekdikti, Putu Lia Suryaningsih. Ia menuturkan, Puspa Iptek  merupakan wahana pembelajaran yang menyenangkan untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat bagi semua generasi. Dilakukan secara mudah, menghibur, berkesan, dan kreatif melalui berbagai program pembelajaran Iptek dan peragaan interaktif.

“Puspa Iptek yang berada di Galery Science Center Museum Adityawarman hadir atas kerja sama Kementerian Riset dan Teknologi dengan Balitbang dan Dinas Kebudayaan Sumbar,” ucapnya di Ruang Rapat Museum Adityawarman, Senin (26/11)

Putu menyebut, sifat alat peraga interaktif yang disajikan bisa langsung disentuh dan dimainkan, sehingga membuat Puspa Iptek berbeda dengan museum. Untuk itu pengunjung diharapkan aktif mencoba memainkan alat peraga, dengan terlebih dahulu membaca petunjuk yang tersedia. 

“Disini ada 6 alat peraga tetap yakni  film kartun, katrol, gyroextreme, baterai tangan, labirin cermin dan van de graf, dan 20 alat peraga keliling,” katanya. 

Hal utama yang dilakukan Puspa Iptek, sebut Putu, yakni memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung. Diharapkan dengan demikian, pengunjung merasa puas dan terkesan atas keberadaan Puspa Iptek. 

“Target utama kita adalah pelajar, tetapi siapa saja bisa datang,” ucapnya. 

Sumbar merupakan daerah ke 24 yang memiliki Puspa Iptek di Indonesia. Nantinya akan ada tiga orang pemandu untuk membimbing, memotivasi, dan mengajak pengunjung mencoba alat peraga. 

“Kegiatan akan dilaksanakan hingga Kamis (29/11). Ada berbagai kegiatan seperti workshop, seminar, dan demonstransi sains,” ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumbar Reti Wafda mengungkapkan, pendirian Puspa Iptek Sumbar melalui proses yang cukup panjang. Selain itu, lokasi yang dipilih pun sudah disetujui Gubernur Sumbar.

“Kita bersyukur karena di Sumbar telah ada Puspa Iptek. Padahal masih banyak daerah lain yang sudah mengajukan lebih lama dari kita ke Kemenristekdikti, tetapi belum disetujui hingga sekarang,” tuturnya. 

Tambahnya, saat peresmian Puspa Iptek oleh Gubernur Sumbar, akan diadakan juga peluncuran roket air. Roket air tersebut dibuat dari botol bekas minuman bersoda.

“Paginya kita akan latih 100 siswa SMA di lantai 4 Dinas Kebudayaan Pariwisata Sumbar untuk membuat roket air tersebut,” ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Museum Adityawarman Adi Saputra berharap, dengan adanya Puspa Iptek ini akan menambah daya tarik wisatawan, sehingga jumlah kunjungan menjadi meningkat. 

“Keberadaan Puspa Iptek dapat menambah ilmu pengetahuan bagi yang datang berkunjung. Mari kita bersama-sama datang dan menyaksikannya, “ucapnya. (hdp)

Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top