Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Beruang Muncul di Kelok 35, BKSDA Resor Agam Cek Lokasi

Ilustrasi
Dibaca : 368

Agam, Prokabar — Jajaran BKSDA (Balai Konservasi dan Sumbar Daya Alam) Resor Agam melakukan pengecekan, terkait kemunculan satwa beruang madu (Helarctos malayanus) di kelok 35 Nagari Matur Mudiak, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Minggu (18/10) lalu. Tim BKSDA melaksanakan klarifikasi dan pengecekan ke lapangan di lokasi satwa langka tersebut dilaporkan muncul.

Berdasarkan hasil klarifikasi, wawancara saksi mata dan hasil identifikasi lapangan, diketahui satwa tersebut muncul di jalan pemukiman masyarakat Jorong Kuok Tigo Koto nagari Matur Mudiak, pada Senin (05/10) sekira pukul 13.00 WIB.

“Berdasarkan hasil klarifikasi dan identifikasi lapangan, kami menemukan dan melihat tanda-tanda keberadaan beruang madu berupa jejak kaki, cakaran dan lainnya di lokasi tersebut,” ungkap Kepala Resor BKSDA Agam, Ade Putra, Selasa malam (21/10).

Hasil identifikasi lapangan diduga satwa hanya melintas dari kawasan hutan lindung yang berjarak radius 1 Km. Dan pada saat pengecekan tidak ditemukan lagi tanda-tanda keberadaan satwa (Cakar, jejak, kotoran) di sekitar pemukiman warga setempat.

BKSDA sendiri baru mengetahui informasi adanya video berdurasi 42 detik kemunculan Beruang Madu di media sosial. Beruang terlihat berada di lokasi jalan beton Jorong Kuok Tigo Koto, Nagari Matur Mudia. Kemudian warga berlari ke area pesawahan.

“Terkait adanya kemunculan satwa ini, kami menghimbau kepada warga agar tetap berhati-hati dan waspada ketika beraktivitas di ladang ataupun disawah. Melaporkan sesegera mungkin kepada pihak berwajib atau BKSDA jika menemukan tanda-tanda maupun penampakan satwa liar di sekitar tempat tinggal,” tutupnya. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top