Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Bertemu Tokoh-tokoh Masyarakat Padang Panjang, Suir Syam Ingatkan Pentingnya Menjaga 4 Pilar Bangsa

Dibaca : 421

Padang Panjang, Prokabar – Anggota DPR-RI, H. Suir Syam, melakukan soasialisasi Empat Pilar MPR-RI di Kota Padang Panjang, baru-baru ini. Dia menekankan empat pilar itulah yang membuat Negara Kesatuan Republik Indonesia masih berdiri tegak sampai hari ini.

Dalam acara soasialisasi bersama tokoh-tokoh masyakat Padang Panjang dan sekitarnya itu, Politisi Partai Gerindra juga menyerap dan menjemput aspirasi masyrakat Kota Serambi Mekkah.

Dia mengatakan, empat soasialisasi empat pilar bangsa itu adalah program MPR-RI yang sangat vital menjaga Persatuan dan kesatuan bangsa.

Dijelaskan mantan Walikota Padang Panjang dua periode itu, empat Pilar MPR RI itu adalah Pancasila, sebagai dasar negara, landasan ideologi, falsafah, etika moral serta alat pemersatu bangsa; Undang-Undang Dasar Negara Republik tahun 1945 sebagai landasan konstitusional; Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai konsensus yang harus dijunjung tinggi serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai semangat pemersatu dalam kehidupan berbangsa yang mejemuk.

Indonesia hingga saat ini masih tegak berdiri dan bersatu karena rasa kebersamaan seluruh elemen bangsa yang terus terjalin antar generasi.

Dalam kerangka inilah, Suir Syam mengharapkan seluruh warga Padang Panjang ikut berperan aktif mengenal, memahami, menerapkan serta turut menyebarluaskan nilai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Karena nilai-nilai dasar inilah yang menjadi landasan bagi kita dalam membangun bangsa yang adil dan sejahtera, sesuai cita-cita para pendiri bangsa, sebagaimana termaktub dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” ujar Putra asli Padang Panjang itu.

Terlebih, substansi Empat Pilar MPR RI ini bukan sesuatu yang baru, tetapi semangat yang sudah tertanam lama dalam jiwa bangsa ini.

“Karenanya, upaya yang harus dilakukan adalah memahami dan mengamalkan nilai-nilai Empat Pilar MPR RI secara konsisten. Sehingga, mampu menumbuhkan komitmen yang kuat bagi seluruh komponen bangsa. (Mht)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top