Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Berkat Pamsimas, Masyarakat Nagari Languang Bebas Dari Krisis Air

Ilustrasi
Dibaca : 108

Pasaman, Prokabar — Krisis air bersih di tengah masyarakat Kampung Palangeh, Jorong Lubuk Hijau, Nagari Langung, Kecamatan Rao Utara akhirya teratasi sudah, berkat program Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

Pemanfaatan air bersih itu ditandai uji fungsi dan serah terima oleh Koordinator Pamsimas Kabupaten Pasaman kepada Walinagari Langung, Muhammad Ilbar untuk kemudian diserahkan kepada masyarakat setempat.

Walinagari Langung, Muhammad Ilbar mengatakan, Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) menjadi solusi dalam menangani krisis air bersih di sejumlah daerah saat musim kemarau. Salah satunya di kenagarian itu.

“Alhamdulillah, kondisi tersebut sudah teratasi. Warga di bantaran sungai Batang Asik itu, kini sudah memperoleh akses air bersih layak dikonsumsi dengan mudah dan dekat dengan rumah warga,” katanya Ilbar.

Dikatakan, warga Kampung Palangeh selama ini belum memiliki akses air bersih yang layak dikonsumsi. Air untuk kebutuhan minum bersumber dari sungai yang mudah sekali tercemar bakteri.

“Program Pamsimas di Kampung Palangeh ini akan menjangkau puluhan kepala keluarga (KK) dari total 1.000 an KK di Jorong Lubuk Hijau,” imbuhnya.

Ia berharap dengan program Pamsimas ini warga bisa mendapatkan air yang benar-benar layak konsumsi, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan warga di kampung itu.

Untuk diketahui, sarana fasilitasi pembangunan sarana air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat ini menelan anggaran sebesar Rp99,96 juta. Rinciannya, empat persen merupakan kontribusi berupa uang tunai (iuran) dan 16 persen gotong royong masyarakat setempat.

“Rp77,56 juta bersumber dari dana APBN, Rp3,8 juta uang tunai sumbangan masyarakat dan Rp15,5 juta kontribusi berupa gotong royong masyarakat,” ujarnya.

Terpisah, Camat Rao Utara, Agustimaizol mengatakan, pelayanan air minum dan sanitasi merupakan salah satu program prioritas pembangunan daerah untuk mewujudkan masyarakat sehat. Di sisi lain, program air bersih ini memang merupakan pelayanan dasar yang wajib dipenuhi oleh pemerintah.

“Insyallah, pemerintah akan berupaya mewujudkan itu. Sekedar informasi, selain di Kampung Palangeh, Langung, uji fungsi Pamsimas akan dilakukan di Muaro Mago, Koto Rajo dan Kotanopan, Rao Utara,” pungkasnya. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top