Daerah

Berdayakan UKM dan SDM Pelaku Usaha, Pemkab Pasbar Sediakan Anggaran Rp231 Juta

Dibaca : 146

Pasaman Barat, Prokabar — Anggaran ratusan juta disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat untuk pengembangan dan pemberdayaan pada usaha mikro di daerah itu.
Tindakan ini merupakan usaha pemerintah daerah setempat untuk menopang ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Ada Rp231 juta lebih untuk pemberdayaan kelembagaan potensi dan pengembangan Usaha Kecil Mikro (UKM) tahun ini,” jelas Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pasaman Barat, Rafa’an.

Diakuinya, anggaran ratusan juta ini bakal diperuntukan untuk pemulihan UKM dengan pembinaan SDM para pelaku UKM itu sendiri.
“Nantinya kita bakal menggelar beberapa pelatihan untuk para pelaku usaha ini,” kata Rafa’an.

Dalam pelatihan nantinya, para pelaku juga diedukasi tentang pemasaran produk mereka secara online dan fasilitasi perizinan untuk syarat pemasaran.

Di sisi lain, di Pasaman Barat sendiri terdapat sekitar 43 ribu UMKM yang aktif. “Banyak produk UKM Pasaman Barat yang cukup terkenal dan kami yakini mampu memenuhi pasar luar daerah, seperti kacang talu, kue kamaloyang, kopi talu dan makanan ringan lainnya.

“Mudah-mudahan dengan pembinaan dan pelatihan yang kami lakukan, ke depannya bertambah banyak produk UKM Pasaman Barat bisa mendobrak pasar di luar daerah,” pungkasnya. (Ola)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top