Nasional

Berbalut Batik Tanah Liek, Iriana Curi Perhatian Warga Minang

Dibaca : 3.7K

Padang, Prokabar – Ada yang berbeda dengan tampilan Ibu Negara saat kunjungannya ke Sumbar, Senin (21/5).
Berbalut busana Minang, Ibu Negara, mungkin hendak berkata, “inilah Minangkabau, negeri pada ibu itu.”

Baju pilihan itu, menjadi fokus sejak langkah pertama turun di pesawat kepresidenan.

Busana Minang dan kerudung nan dikenakan Ibu Iriana Joko Widodo, benar-benar mencuri perhatian warga.

Bagaimana tidak, begitu turun dari anak tangga pesawat Kepresidenen Indonesia 1, Iriana yang beriringan dengan Presiden Joko Widodo disambut istri Gubernur dan istri Kapolda Sumbar, tidak berhenti tersenyum lebar.
Senyumnya meneduhkan hati, senyum keibuan.

Berbaju kurung warna merah dengan selendang batik tanah liek warna kecoklat-coklatan, Ibu Negara terlihat sederhana.

Tidak ada yang mencolok dari penampilannya. Tidak menor. “Ibu Iriana anggun sekali. Selamat datang Ibu,” kata Monalisa Irfendi, istri Bupati Limapuluh Kota lewat akun media sosialnya.

Di dalam Masjid Jamiatul Huda, Ketaping, Kota Padang, Ibu Iriana yang shalat dzuhur berjamaah dengan warga lainnya, juga terlihat masih memakai baju kuruang tadi. Tangan sebelah kanannya, membawa mukenah.

Bijaksana dalam Berbusana

Sementara itu, pengamat mode busana asal Minang, Fomal Hout Zamel menyebut, ibu Iriana sangat bijaksana sekali dalam berpakaian.

“Ibu Iriana sangat bisa menyesuaikan dengan dimana beliau berada. Saat di Minangkabau pun, beliau memakai baju kurung dengan potongan yang longgar,” sebut Fomal Hout Zamel.

Begitu dipakai, terlihat sopan dan tidak membentuk lekukan tubuh. “Bahannya yang di pakai juga serat sutra alam sehingga cocok di kenakan pada siang hari dan cuaca kota Padang yang panas,” sambung dia.

Apalagi, yang membuat bangga anak nagari, masyarakat Minang, Ibu Iriana memakai batik tanah liek yang merupakan batik khas Minangkabau.

“Dengan pemakaian selendang yg ditutupkan ke kepala yg langsung jadi Hijabnya, anggun sekali,” kata designer yang telah go nasional itu. (vbm)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top