Trending | News | Daerah | Covid-19

Daerah

Bencana Alam Kembali Melanda Agam, Warga Diminta Tetap Waspada

Dibaca : 261

Agam, Prokabar – Cuaca ektrim melanda Kabupaten Agam dari Rabu (22/7) hingga Kamis (23/7) pagi membuat sejumlah bencana di sejumlah titik. Selain banjir, juga terjadi longsor, jalan terban dan jembatan putus.

Kejadian pertama banjir sempat berlangsung di Jorong Gasang Kaciak, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara. Banjir berlangsung Kamis pagi, (23), Pukul 05.00 WIB.

“Hujan dengan intensitas lebat, mengakibatkan terjadinya banjir, dengan ketinggian air 30 cm diterima laporan dari masyarakat pada Pukul 07:48 WIB. Satgas PB dan Pusdalops langsung menuju lokasi untuk melakukan pendataan,” ungkap Kalaksa BPBD Agam, Muhammad Lutfi memberi keterangan ke Prokabar.com.

Korban terdampak ada 3 unit rumah warga, atas nama Buyung Sani (56). Memiliki 8 orange anggota keluarga Jiwa, satu orang istri dan tujuh orang anak. Rumah kedua atas nama Zal (45) dengan jumlah anggota keluarga empat orang. Satu orang istri dan 3 anak. Dan ketiga, rumah milik Kori (45) dengan jumlah anggota keluarga empat orang.

“Kejadian kedua berlangsung di Cacang Randah, Kecamatan Tanjung Mutiara. Jembatan yang sempat rubuh dan dibangun, kembali hancur digerus banjir. Akibatnya, akses utama masyarakat setempat kembali terputus,” jelas Kalaksa BPBD Agam.

Kemudian Lonsor parah terjadi di Simaruok, Nagari Garagahan. “Saat ini masyarakat sudah mulai membantu pembersihan. Dan kita dari BPBD Kabupaten Agam telah berkoordinasi dengan PUPR untuk membantu pembersihan dengan menggunakan alat berat,” terangnya.

Kejadian selanjutnya terjadi Di Nagari Manggopoh, Jorong Batu Hampa, akses jalan menuju Lapau Kapeh. “Lokasi ini terjadi jalan terban. Aspal hotmid pada tengah jalan berlubang. Kita menghimbau seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan siaga. Terutama saat cuaca ekstrim,” tutup Kalaksa BPBD Agam, Muhammad Lutfi. (rud)


Baca Juga :

Berani Komen Itu Baik
To Top