Wisata

Benahi Pariwisata Kota Padang, Pemerintah Pusat Kucurkan Rp45 Miliar

Padang, Prokabar – Perhatian pemerintah pusat semakin tinggi terhadap pariwisata Kota Padang. Tahun ini sedikitnya Rp45 miliar dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) diluncurkan untuk pembenahan objek pariwisata di daerah itu.

Bantuan pertama senilai Rp15 miliar rupiah untuk revitalisasi Pantai Air Manis. Kemudian pembenahan kawasan Batang Arau dengan anggaran senilai Rp30 miliar, merupakan lanjutan tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Arfian menjelaskan, revitalisasi Pantai Air Manis akan dimulai pada Agustus mendatang.

“Revitalisasi yang dilakukan berupa pembangunan pedestrian sepanjang bibir pantai hingga ke objek wisata Batu Malin Kundang, pelebaran jalan, dan pembuatan taman,” ujarnya, Senin (29/7).

Kemudian, lanjutan pedestrian kawasan wisata Batang Arau meliputi Kelurahan Batang Arau, Seberang Palinggam, dan Seberang Padang. Pengerjaan meliputi pembangunan pedestrian, mengembalikan fungsi riol untuk mengatasi banjir, dan membangun ruang terbuka hijau sebagai taman.

“Kedua pembenahan kawasan wisata tersebut pengerjaannya ditargetkan tuntas pada akhir tahun ini,” katanya.

Arfian mengimbau, agar pedagang di Pantai Air Manis dan masyarakat di kawasan Batang Arau ikut menyukseskan program dari Kementrian PUPR tersebut. Diharapkan pedagang yang terhambat aktivitasnya karena proses pengerjaan, sementara waktu harus menerima jika dipindahkan ke lokasi sekitar.

Usai pembenahan selesai dikerjakan, diharapkan dua kawasan wisata tersebut semakin ramai dikunjungi wisatawan. Selain bertujuan meningkatkan angka kunjungan wisatawan, tetapi juga diharapkan dapat menggenjot perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Wisatawan pun akan merasa lebih nyaman apabila pembenahan tuntas,” tukas Arfian.(*/mbb)

Berani Komen Itu Baik

Loading...
To Top